Metropolis

100 Rapid Test dan SIM Gratis

Sempena HUT ke-74 Bhayangkara

f. Cecep Mulyana/batam Pos
Seorang warga dengan tetap berada di atas sepeda motornya, mengikuti rapid test yang digelar Polda Kepri di RS Bhayangkara di Nongsa, beberapa waktu lalu. Rapid test serupa akan digelar Polda Kepri sempena HUT ke-74 Bhayangkara.

NONGSA (BP) – Memperingati HUT ke-74 Bhayangkara pada 1 Juli mendatang, Polda Kepri akan menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari bakti sosial hingga pembuatan SIM gratis. Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kepri juga ikut meramaikan dengan menyediakan 100 alat rapid test.
Kepala Biddokkes Polda Kep-ri, Kombes M Haris, mengatakan, pelaksanaan rapid test akan dilaksanakan Rabu (24/6) ini.
”Sistemnya drive thru. Masyarakat tidak perlu turun dari kendaraannya,” katanya, Selasa (23/6).
Rapid test akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga seratus alat rapid test tersebut habis.Haris mengatakan, tidak ada syarat bagi yang mengikuti

drive thru rapid test ini. ”Siapa saja boleh ikut,” ucapnya.
Namun, diutamakan bagi masyarakat yang merasa pernah kontak dengan pasien Covid-19, atau memiliki mobilitas tinggi. Nantinya, sebelum dites, akan diskrining atau penyaringan terlebih dahulu.
”Kesehatan dicek dulu. Apa demam, batuk atau gimana. Suhu tubuhnya diperiksa, apabila setelah skrining, barulah menjalani rapid test,” ungkapnya.
Sembari menunggu hasil rapid test keluar, Polda Kepri menyediakan camilan bagi masyarakat. Hasil tes tersebut akan keluar dalam waktu lebih kurang 15 menit. Apabila hasilnya reaktif, disarankan menjalani karantina.

Tim Biddokes akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas agar warga yang reaktif tersebut menjalani tes swab, demi memastikan apakah benar terjangkit Covid-19 atau tidak.
”Namun, kalau non reaktif ya dipersilakan pulang.”

Program ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam menjaring orang-orang yang terjangkit Covid-19. Saat ini banyak OTG (orang tanpa gejala) namun berpotensi positif Covid-19, seperti beberapa kasus positif yang diumumkan pemda sebelumnya. Sehingga cukup sulit mendeteksi orang-orang tersebut.

”Kami berharap kegiatan ini dapat membantu dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Batam,” pungkasnya.
Sedangkan program pembuatan SIM gratis, berlaku bagi masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli, baik SIM A maupun SIM C. (*)

Reporter : FISKA JUANDA
Editor : RATNA IRTATIK