Total Football

Menantang Sang Filsuf

Chelsea vs Manchester City

F. THISISFUTBOL.COM
RAHEEM STERLING

Statistik pelatih Chelsea, Frank Lampard melawan tim asal Mnchester musim ini buruk. Empat kali bertemu (tiga kali lawan Manchester United dan sekali lawan Manchester City) dan semuanya berujung kekalahan.

Frankie, sapaan Frank Lampard, untuk kelima kalinya musim 2019-2020 akan bertemu tim Manchester di matchweek 31. Dini hari nanti (26/6), Chelsea akan menantang City di Stamford Bridge.

Seperti diberitakan The Telegraph, Rabu (24/6) kondisi skuad yang lengkap dari cedera plus sepakatnya dua pemain senior, Willian dan Pedro Rodriguez, memperpanjang kontrak sampai akhir musim memberikan rasa kepercayaan diri buatFrankie.

“Pertandingan lawan City jelas sangat berlainan ketika menang 2-1 dari Aston Villa (21/6). Yang kami hadapi adalah tim yang sangat dominan dalam penguasaan bola jadi sepanjang pertandingan kami akan melakukan pressing,” kata Frankie.

Pernyataan eks pelatih Derby County itu seperti menyiratkan kalau The Blues, julukan Chelsea, akan meladeni permainan ofensif, dominasi distribusi bola, dan terbuka yang jadi tetenger City pada era Pep Guardiola.

Musim ini contoh terbaik mengalahkan City dan perlu dicatat sudah terjadi tiga kali adalah seperti yang dijalankan Ole Gunnar Solskjaer dan United. Dua kali di Premier League dan sekali di semifinal Piala Liga. Dengan serangan balik cepat dan memasang garis pertahanan rendah.

“Kalau melawan Villa kami taktik yang kami pakai adalah dengan bola kedua. Maka melawan City strategi itu berubah,” ucap Frankie. “Kami akan lebih agresif dan berusaha memenangi bola setiap kali terserobot,” tambah pelatih dengan persentase kemenangan 51,2 persen itu.

Daily Mail menulis Frankie sangat mungkin memakai 4-2-3-1 sebagai senjata melawan City. Untuk menandingi pressing City, gelandang N’Golo Kante juga Mason Mount layak jadi andalan.

Mantan asisten pelatih Chelsea Gianfranco Zola dikutip Chelsea Chronicle kemarin menilai Frankie bukan hanya piawai memotivasi anak buah di ruang ganti. Pemahaman akan taktiknya jauh lebih matang daripada di awal musim.

“Kita tahu bagaimana Chelsea membalik ketertinggalan dari Villa menjadi sebuah kemenangan lewat pemain pengganti. Meski baru satu laga setelah Premier League mulai lagi namun kematangan strateginya pesat dibandingkan Maret saat kompetisi terjeda gara-gara pandemi Covid-19,” ujar Zola.

Soal kisah memotivasi pemain, pencetak gol penyama kedudukan Chelsea lawan Villa Christian Pulisic pun berkata wejangan yang diberikan Frankie kepadanya sebagai pemain pengganti sangat sederhana. Yakni bermain baik.

“Tak lupa setelah pertandingan maka Frankie memberikan pernyataan kepada media jika Pulisic adalah sosok pemain yang haus gol. Kredit seperti yang membesarkan hati para pemainnya,” tulis Goal.

Di sisi lain, kehilangan Sergio Aguero di lini depan maka slot trisula The Citizens, julukan City, akan kosong satu. Nama Phil Foden diunggulkan akan menjadi wide attacker City lawan Chelsea. Mendampingi Gabriel Jesus dan Raheem Sterling.

Foden sejauh ini memang bersinar sejak City kembali melakoni laga Premier League per 18 Juni lalu. Sudah tiga gol dalam dua laga yang dijalani Foden. “Phil (Foden) adalah pemain City pada dekad mendatang,” ucap Pep dikutip Manchester Evening News.

Tapi selain Foden, Daily Star menulis kalau trisula lini depan akan dipasrahkan Sterling-Jesus-Riyad Mahrez. Mahrez musim ini menjadi top skor City keempat dengan 11 gol di semua ajang. (dra/***)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG