Sport

Menarik Minat 12 Tim World Tour

Antusias di Vuelta a Burgos

F. TeamAleCipoccini.com
Sejumlah pembalap sepeda tengah mengadu sprint dalam ajang Vuelta a Burgos, tahun lalu.

BURGOS (BP) – Berbagai penyelenggara ajang olahraga dunia memilih berdamai dengan kondisi pandemi Covid-19. Kini, cabor balap sepeda akan memulai kembali rangkaian tur setelah tiga bulan terakhir harus dibatalkan ataupun ditunda. Ajang UCI Pro Series Vuelta a Burgos 2020 akan menjadi ajang pembuka selama pandemi virus corona kali ini.

Media Spanyol AS melaporkan ajang yang diselenggarakan Dewan Provinsi Burgos, Spanyol, tersebut bakal berlangsung pada 28 Juli-1 Agustus 2020. Saking antusiasnya, sebanyak 44 tim membanjiri pendaftaran. Namun, panpel akhirnya memberikan 22 slot untuk tim peserta.

Di antaranya, 12 tim World Tour, tiga Tim Profesional, dan sisanya dari tim Continental. Fakta tersebut berbeda jauh ketimbang penyelenggaraan tahun lalu. Pada 2019 hanya ada empat tim World Tour yang ambil bagian. Salah satunya, Tim Ineos yang menempatkan cyclist mereka Ivan Sosa menjadi kampiun.

Jika kondisi Covid-19 terkendali dalam sebulan ke depan, tim-tim top dunia akan meramaikan balapan yang melalui lima etape tersebut. Cyclist top seperti Nairo Quintana, Richard Carapaz, Alejandro Valberde, Enric Mas, Mikel Landa, serta bersaudara Simon dan Adam Yates masuk list.

Sampai saat ini, rute resmi dalam tahap finalisasi dan menunggu persetujuan otoritas setempat. Termasuk, jalur menantang pegunungan menuju Picon Blanco dan Lagunas de Neila. Selanjutnya, balapan akan disiarkan secara langsung. Situasi tersebut akan menyajikan perlombaan dalam new normal sebelum rangkaian World Tour musim ini berlanjut mulai Agustus hingga November mendatang.

Race Director Marcos Moral mengungkapkan, Vuelta a Burgos sekaligus menjadi ajang percobaan untuk menerapkan protokol kesehatan UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia). Mereka akan menjalani tes Covid-19 sebelum menuju Spanyol.

Mereka juga akan menerima kuesioner harian, sembari berada dalam kelompok khusus, dan saat bersama penonton selama perlombaan. (nap/c13/tom/*)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG