Total Football

Bayern Tanda Tangan, BVB Meet and Greet

F. TRANSFERMARK.COM
Marco Reus

MUENCHEN (BP) – Adu gengsi Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund bukan hanya soal Meisterschale, juara Bundesliga. Seperti psywar Mats Hummels yang sebut Dortmund bakal juara musim depan, dan ditanggapi juga oleh playmaker Bayern, Thomas Mueller. Di luar arena, Bayern dan BVB juga beradu untuk menghibur fansnya dalam pramusim.

Ya, lantaran pandemi Covid-19, jadwal pramusim Bayern dan BVB ke benua Asia atau Amerika ditiadakan. Duo Klassiker tersebut pun menggantikan agendanya dengan tur pramusim virtual. Jadwalnya juga digelar dalam waktu hampir bersamaan, yaitu pada pekan pertama bulan Agustus.

Bayern akan memulainya pada 25 Juli sampai 2 Agustus mendatang dalam program yang bertajuk ’Audi Digital Summer Tour’. ”Bersama dengan partner kami Audi, kami menciptakan insiasi global digital untuk tetap mempertahankan dan memelihara relasi keluarga FC Bayern di seluruh dunia,” ucap CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge, dilansir laman resmi klub.

Pramusim virtual Die Roten, julukan Bayern, bisa diikuti fans dari seluruh penjuru dunia secara real time. Fans dan pemain akan berinteraksi lewat platform digital dengan berbagai acara layaknya pramusim. Bahkan, fans bisa meminta tanda tangan secara digital kepada pemainnya di dalam sesi ini.

Tidak hanya itu. Fans Bayern bisa menyaksikan pertandingan uji coba Manuel Neuer dkk yang tentunya dimainkan di Allianz Arena, kandang Bayern. Terkait tanggal dan siapa lawannya, bakal diumumkan setelah ini. ”Kami ingin fans kami menikmati seluruh konten yang menarik di dalam platform kami,” sambung Kalle, sapaan akrab Rummenigge.

Berbeda dengan Bayern, BVB belum menentukan kepastian tanggal pramusim virtualnya itu. Begitu pula dengan jangkauannya. Die Borussen, julukan Dortmund, hanya fokus ke fansnya di Asia dan Asia Tenggara. Fans yang ada di tiga kota akan ’dikunjungi’ Marco Reus dkk. Mulai dari Shanghai, Singapura, dan Tokyo.

Makanya, pramusim virtual tersebut mereka namai ’Black and Yellow Virtual Asia Tour 2020’. Dalam laman resminya disebutkan, fans bisa menikmati meet and greet virtual, menonton sesi latihan dari Strobelallee, kamp latihan Dortmund, secara streaming, dan kemungkinan besar laga uji coba juga.

Kenapa hanya di tiga kota itu, Managing Director BVB Carsten Cramer menyebut karena di tiga kota itu terdapat kantor perwakilan mereka di Asia dan Asia Tenggara. Karenanya, selain acara virtual, fans juga dapat bertemu secara offline dengan legenda Dortmund, Emma si maskot klub, atau staf BVB Evonik Soccer Academy.

Peluncuran jersey di musim depan pun juga direncanakan akan dirilis dalam pramusim virtual tersebut. Dibanding Bayern, pramusim virtual BVB lebih bekerja sama dengan pihak lokal. ”Contohnya, fans di Shanghai. Di sana mereka bisa naik bus BVB dan menghadiri pesta Black and Yellow lalu akan bertemu Emma serta staf kantor di Tiongkok,” beber Benedikt Scholz, Head of International and New Business BVB, dilansir laman Ruhr Nachrichten. (ren/*)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG