Kepri

Museum SSBA Kembali Dibuka

F. Peri Irawan/Batam Pos
Seorang pengunjung saat datang ke museum SSBA, Kamis (25/6) setelah museum ini dibuka kembali.

TANJUNGPINANG (BP)- Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) resmi dibuka kembali mulai Selasa 23 Juni 2020 lalu. Museum ini sempat ditutup saat Tanjungpinang berada pada zona merah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Surjadi menjelaskan museum SSBA dibuka setelah Pemko Tanjungpinang menerapkan tatanan hidup baru atau new normal.

”Istimewanya dalam reopening kali ini, Disbudpar menggandengkan konsep wisata museum dengan warisan wisata kota lama,” kata Surjadi, Kamis (25/6).
Dijelaskan Surjadi, penggabungan wisata museum dengan warisan kota lama yang dinikmati dengan kereta wisata Gurindam ini, merupakan upaya memulihkan kembali pariwisata di Tanjungpinang yang menurun akibat pandemi Covid-19 yang dialami hampir oleh banyak negara.

”Kami mengambil konsep kota lama Tanjungpinang sebagai halaman museum SSBA, menceritakan secara utuh sejarah perkembangan kota Tanjungpinang dalam beberapa sudut pandang,” katanya.

Dalam uji trip reopening museum SSBA yang diikuti beberapa peserta, kata Surjadi protokol kesehatan covid-19 dijalankan dengan maksimal. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, kewajiban mencuci tangan, pengaturan antre.

”Serta petugas yang menggunakan perlengkapan sesuai standar protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) museum SSBA, Iza Silvia menjelaskan inovasi dengan menggabungkan wisata kota lama dengan wisata museum SSBA akan dinikmati pengunjung hanya hari Sabtu dan Minggu. Sebelumnya harus memberitahukan petugas rencana kunjungan.

”Pada hari lain, pengunjung hanya menikmati wisata museum seperti biasa. Semua fasilitas yang diberikan, gratis dan tidak berbayar,” tutur Iza. (***)

Reporter : PERI IRAWAN
Editor : GUSTIA BENNY