Metropolis

Alun-alun Kembali Ramai Pengunjung

Sekadar Berolahraga hingga Rekreasi Keluarga

F. CECEP MULYANA/BATAM POS
Sejumlah warga berolahraga di Dataran Engku Putri, Batam Center, Jumat (26/6). Pasca ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, kini mulai ramai pengunjung.

BATAM KOTA (BP) – Pasca dibuka kembali, Dataran Engku Puteri kembali dimanfaatkan warga untuk berolahraga maupun duduk santai bersama keluara. Pantauan Batam Pos, Jumat (26/6), terlihat beberapa warga tengah joging dan menikmati pemandangan di sekitar alun-alun ini.

Ridwan, salah seorang pe-ngunjung, mengatakan, sudah tiga bulan terakhir tidak mendatangi lokasi tersebut walaupun hanya untuk berolahraga. Pasalnya, fasilitas umum itu sebelumnya ditutup oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, selama ini Dataran Engku Putri sudah menjadi lokasi favorit warga Batam. Area publik ini sering dimanfaatkan warga untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Sebab, termasuk lokasi wisata murah bagi masyarakat.

”Meskipun belum ramai sekali, saya cukup menikmati suasana berolahraga di tengah Covid-19 ini,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Hikma. Ia mengaku senang alun-alun itu dibuka kembali untuk umum, sehingga masyarakat bisa berolahraga maupun duduk santai di sekitar lokasi tersebut.

”Yang penting kan kita harus menerapkan protokol kesehatan, jadi di manapun insya Allah aman,” kata perempuan berhijab itu.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, me-ngatakan, pembukaan kembali alun-alun sudah dilakukan sejak sepekan ini. Namun, belum ada masyarakat yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk kegiatan, seperti olahraga dan lainnya. ”Masih pada takut kali mereka,” kata Rudi.

Wali Kota menyebutkan, alun-alun memang sudah dibuka untuk umum, namun belum untuk acara yang mengundang keramaian. Sebab, hingga kini kondisi Batam masih dalam pandemi Covid-19. Untuk itu, bagi masyarakat Batam yang ingin menghabiskan atau me-ngisi waktu libur, sudah bisa ke Dataran Engku Putri.

”Namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak dan jangan ada perkumpulan yang ramai. Jadi sudah bisa olahraga lagi,” ujarnya.

Rudi mengungkapkan, penutupan fasilitas itu beberapa waktu lalu merupakan antisipasi agar bisa menekan penyebaran wabah. Namun, saat ini pemerintah sudah mulai memberikan kelonggaran beberapa fasilitas umum untuk kembali dibuka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, menga-takan bahwa area publik tersebut menjadi salah satu destinasi wisata, baik bagi masyarakat Batam maupun wisatawan. Selain itu, alun-alun ini juga berada di kawasan Kantor Wali Kota Batam dan Kantor DPRD Batam. Berdekatan dengan mal, dan pelabuhan. Beragam kegiatan juga sering digelar di lapangan itu. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : RATNA IRTATIK