Zetizen

Niat Belajar Kok Malah Nyasar

Foto: Jefri/Zetizen Team
Layout: Sae/Zetizen Team

Niatnya belajar, eh malah Twitter-an sampai subuh. Hayo, jangan-jangan kamu juga kayak gini, ya? Aktivitas belajar yang sebenarnya nggak memakan waktu lama, malah terhambat dan jadi berjam-jam akibat distraksi-distraksi di sekitar kita. Hal ini sering banget terjadi, apalagi saat masa study from home seperti sekarang. Nah, beberapa Zetizen punya cara tersendiri buat mengatasi distraksi mereka saat belajar, nih! Baca cerita mereka, yuk! (kch/c12/mel)

Solusi Bebas Distraksi

Belajar di rumah emang enak. Selain bisa mengatur waktu belajar yang lebih fleksibel, kamu bisa lebih leluasa menentukan metode belajar yang pas. Tapi, nggak jarang distraksi saat belajar di rumah lebih gampang terjadi, apalagi kalau kita lebih bergantung sama perangkat elektronik untuk belajar. Makin banyak godaannya! Nih, Zetizen kasih beberapa tip biar belajarmu bisa lebih fokus dan bebas distraksi! (Science Daily/c12/mel)

Lebih Fokus dengan Musik Klasik

Belajar sambil mendengarkan musik bisa bikin kita lebih fokus dan mudah menyerap informasi dari pelajaran. Dilansir dari Entrepreneur, musik klasik bisa meningkatkan kerja otak lebih optimal karena alunan musik yang dimainkan bisa menenangkan dan mengurangi stres pada saat bersamaan. Beberapa musik klasik karya Mozart dan Beethoven bisa kamu jadikan playlist untuk diputar saat belajar.

Pastikan Perutmu Terisi

Hal lain yang mudah mengganggu kita saat belajar adalah ketika perut lapar atau keinginan untuk nyemil. Well, nggak masalah sih kalau kamu belajar sambil comot-comot cemilan dikit, tapi jangan terlalu fokus makan sampai-sampai kamu nggak bisa optimal buat mencerna informasi pelajaran. Akan lebih baik kalau kamu makan sebelum belajar, jadi bisa meminimalkan keinginan untuk makan atau nyemil sambil belajar. Eat first, then study!

Bikin To-do List

Tetap terorganisasi bisa bikin kamu lebih mudah untuk mengetahui tugas atau kegiatan apa yang bisa kamu lakukan setiap hari. Selain membuat aktivitas harianmu lebih rapi, to-do list membantumu untuk mengingat jadwal yang ada supaya kamu bisa lebih cepat menyelesaikan suatu tugas. Cukup tulis aja to-do list harianmu dalam secarik kertas dan tempelkan di tempat yang mudah terlihat. It’ll helps you a lot.