Sport

Petrucci Gabung KTM Tech3

F. Finroll.com
Danilo Petrucci

MATTIGHOFEN (BP) – Kabar merapatnya Danilo Petrucci menuju KTM bukan isapan jempol belaka. KTM mengumumkan perekrutan rider Italia itu secara resmi tadi malam. Tetapi, ia tidak akan bergabung dengan tim pabrikan KTM. Sebagai gantinya, Petrucci bakal merapat bersama Tech3 yang dipimpin Herve Poncharal. Tech3 adalah tim satelit KTM mulai musim lalu.

Sebelumnya, Petrucci santer dikabarkan bakal menggantikan peran Pol Espargaro di tim pabrikan KTM. Menyusul kabar Espargaro sedang dibidik Repsol Honda. Namun, pabrikan asal Austria tersebut lebih memilih mempromosikan Miguel Oliviera dan menempatkan Petrucci di tim satelit mereka.

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer mengatakan langkah tersebut sebagai upaya investasi masa depan timnya. Yakni, dengan menempatkan pembalap muda, Oliviera dan Brad Binder di tim utama musim depan. “Kami percaya mereka punya tekad kuat untuk membantu kami berjuang di proyek MotoGP,” paparnya dilansir Crash.

Sedangkan Petrucci punya pengalaman panjang yang bisa membantu Tech3 berbicara lebih banyak musim depan. “Kami percaya dia masih punya sesuatu yang untuk diperlihatkan di pentas MotoGP,” urai Beirer.

Meski tampil di tim satelit, rider 29 tahun itu tidak perlu khawatir. Karena KTM berkomitmen memberikan suplai motor yang identik buat tim pabrikan dan Tech3. Seperti yang KTM persiapkan buat empat rider mereka pada musim 2020.

Petrux, sapaan Petrucci, sudah beredar di kelas premier sejak 2012. Penampilannya semakin moncer setelah bergabung dengan Pramac Ducati pada musim 2015. Ia baru memecahkan telur kemenangan pada GP Italia musim lalu, sekaligus mendapatkan perpanjangan kontrak dari Ducati.

Tetapi upaya Ducati mempromosikan Jack Miller ke tim utama musim 2021 membuat Petrucci pijakan baru.

Semakin menarik menantikan pergeseran para pembalap menuju musim 2021. Khususnya, terkait kabar Pol Esparagaro yang segera merapat ke Repsol Honda. Lalu ke mana Alex Marquez akan merapat? Juga bagaimana dengan masa depan dua rider LCR Honda Cal Cratchlow dan Takaki Nakagami. (nap/*)