Selebritas

Robot Pertama yang Jadi Aktris Hollywood Ajak Erica Main Film

F. robots.ieee.org

LOS ANGELES (BP) – Inovasi menjadi hal yang tak bisa dihindarkan lagi di masa sekarang. Bahkan untuk industri film.

Hollywood siap menyambut talenta baru superspesial. Pada Rabu waktu setempat (24/6), rumah produksi Happy Moon Productions dan Ten Ten Global Media mengumumkan penggarapan film b. Proyek bergenre scifi itu bakal dibintangi Erica, robot berteknologi kecerdasan artifisial (AI) produksi laboratorium Hiroshi Ishiguro Jepang.

Film inovatif tersebut akan mengangkat cerita karya trio supervisor efek visual Eric Pham, Tarek Zordy, dan Sam Khoze. Untuk pendanaan, mereka menggandeng Bondit Capital Media, yang juga mendanai nomine Film Feature Animasi Terbaik Oscars 2018.

b mengisahkan seorang ahli yang menciptakan DNA manusia sempurna. Namun, proyek tersebut justru berubah petaka. Sang penemu pun harus membantu perempuan ”sempurna” rekaannya -yang diperankan Erica- melarikan diri.

Khoze menjelaskan, proses penggarapan b cukup unik. ”Dalam berakting, aktor atau aktris akan melibatkan pengalaman pribadinya untuk mendalami peran. Tapi, Erica beda. Dia tidak punya memori itu,” paparnya. Karena itu, tim produksi pun menggandeng ”pencipta” Erica, Hiroshi Ishiguro, dan Kohei Ogawa.

Mereka menciptakan sesi khusus untuk melatih ekspresi, gestur, hingga pendalaman emosi Erica. ”Kami menggabungkan metode akting dengan pemrograman robotik,” lanjut pria yang juga produser serta sutradara itu.

Dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter, Khoze menyatakan, b belum punya sutradara maupun pemeran utama selain Erica. Namun, proses syuting sudah berlangsung. ”Kami sudah mengambil beberapa scene Erica di Jepang tahun lalu,” ungkapnya. Dia berharap, penggarapan film berbujet USD 70 juta (Rp 994,3 miliar) itu bisa dilanjutkan di Eropa pada pertengahan tahun depan.

Film b akan menandai debut Erica sebagai aktris. Robot yang ”lahir” pada 2015 itu awalnya dipatok untuk membintangi proyek besutan Tony Kaye, sutradara Detachment (2011). Namun, film itu batal terlaksana karena bentrok jadwal antara Kaye dan tim produksi. (*/The Hollywood Reporter/fam/c13/jan)

Reporter : JP GROUP
Editor : MOHAMMAD TAHANG