Total Football

Sinyal Baik MM

 

F. Michael Steele/AFP
Anthony Martial

Tiga gol kemenangan Manchester United yang masuk ke gawang Sheffied United pada matchweek 31, kemarin (25/6) menandai banyak hal. Khususnya buat sosok Anthony Martial yang mencetak hat-trick masing-masing pada menit ketujuh, 44, dan 74.

Trigol itu membuat Martial dicatat sebagai pemain United pertama dalam tujuh tahun terakhir yang membobol gawang hingga tiga kali di ajang Premier League. Sebelum eks pemain AS Monaco itu Robin van Persie adalah orang terakhir yang melakukannya pada 22 April 2013 saat lawan Aston Villa.

“Butuh beberapa saat namun akhirnya saya bergembira karena seseorang akhirnya mengambil tongkat estafet (hat trick) setelah tujuh tahun. Selamat untuk hat-trick-nya @AnthonyMartial,” tulis Van Persie di akun Twitter-nya.

Nah, keberhasilan Martial membobol gawang kiper Sheffield Simon Moore sampai tiga kali tak bisa dilepaskan dari dua kawan pemberi umpan. Marcus Rashford memberi assist gol pertama dan ketiga. Sedangkan Aaron Wan-Bissaka buat gol kedua.

”Tak ada kompetisi antara saya dengan Rashy, sapaan Rashford, dalam pertandingan ini. Dia memberi saya dua assist dan saya juga berusaha memberikan assist untuknya,” kata Martial dikutip Manchester Evening News.

Daily Mail menulis tepatnya pada menit ke-13, saat Martial sudah melewati kiper Sheffield Moore dan mengoper bola ke Rashy, sapuan Rashy melenceng. ”Rashford memakai sepatu Phil Jones dan itu membuatnya membuang peluang,” olok salah satu fans United dikutip Daily Mail.

Tiga gol kemarin membuat koleksi gol Martial selevel dengan Rashy yakni 19 gol buat United di semua ajang. Pada musim ini, kombinasi MM (Martial-Marcus) menghasilkan enam gol buat United di semua ajang. Rashy membuat lima assist buat Martial (empat di Premier League dan satu di Piala Liga). Sedangkan Martial menghasilkan satu assist buat Rashy.

Jika bicara kombinasi gol antara dua pemain di Premier League maka kolaborasi Raul Jimenez-Adama Traore tercatat paling sehati. Gol tunggal Jimenez ke gawang AFC Bournemouth di matchweek ke-31 kemarin juga lahir berkat umpan Traore.

Total assist Traore buat Jimenez musim ini di Premier League sudah sepuluh kali.

Sebaliknya Jimenez memberikan tiga assist buat gol Traore untuk level Premier League.
Opta mencatat assist Traore buat Jimenez musim ada di atas kombinasi Kevin de Bruyne-Sergio Aguerro (Manchester City) dengan enam gol Premier League. Atau kombinasi Mohammed Salah-Roberto Firmino (Liverpool) dengan lima gol Premier League. (dra/***)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG