Total Football

Tak Terpengaruh Konflik Pelatih

F. Skor.Id
Erlangga Seto

JAKARTA (BP) – Friksi antara PSSI dan pelatih timnas Shin Tae-Yong dikhawatirkan berdampak pada psikologis pemain. Terutama pemain timnas U-19. Apalagi, dalam waktu dekat timnas U-19 akan bertarung di Piala AFC U-19. Turnamen tersebut akan berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang. Timnas tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Psikolog Afif Kurniawan tidak menampik kekhawatiran itu. Apalagi, konflik PSSI vs Shin Tae-Yong sudah jadi konsumsi publik secara masif. Namun, mantan psikolog Persebaya itu yakin pemain bisa mengatasinya. Apalagi, jika mereka fokus pada tugas beserta tanggung jawabnya.

”Dan sebenarnya ini di luar ranah mereka. Ranah mereka hanya berlatih semaksimal mungkin, bertanding semaksimal mungkin, dan mencurahkan energi persiapan sampai ke pertandingan. Tidak perlu mengurusi hal-hal seperti ini,” terangnya.

Tapi, bukan berarti pemain bebas dari resiko akan konflik PSSI vs Shin Tae-Yong. Dia khawatir hal itu berpengaruh pada persiapan turnamen. Apalagi waktunya sudah mepet.

”Mungkin ada beberapa pemain yang terganggu konsentrasinya,” tuturnya.

Beberapa pemain timnas U-19 yang dihubungi, tidak peduli akan konflik yang terjadi. Mereka tetap fokus latihan sejauh ini. Salah satu pemain yang tidak terpengaruh konflik adalah kiper timnas U-19 Erlangga Setyo.

Dia memang mengikuti perseteruan PSSI vs Shin Tae-Yong. Namun, dia tak mau larut dalam friksi tersebut. ”Saya hanya berharap semuanya bisa terselesaikan dengan baik. Program Timnas bisa berjalan lancar,” ucapnya. (rid/bas/*)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG