Zetizen

Go Abroad, Why Not?

Layout dan Ilustrasi: Abi/Zetizen Team

Dengan kemauan dan tekad yang keras, ternyata melanjutkan studi di luar negeri bisa banget kamu raih. Olivia Kimiko, mahasiswa asal Indonesia yang saat ini menempuh master degree di University of Melbourne, bakal menjawab pertanyaanmu seputar studi di luar negeri. Yuk dengerin! (lia/c20/raf)

 

 

 

Kimiko For Zetizen
Olivia Kimiko,
University of Melbourne

Z: Aku pengin banget dapat beasiswa ke luar negeri. Harus bisa banyak bahasa dulu nggak sih?

K: Sebenarnya, untuk beasiswa tiap universitas, ada ketentuan masing-masing. Kalau menurut mereka kamu udah memenuhi kriteria, pasti dikasih offer untuk scholarship-nya kok. Tenang aja.

Z: Eh tapi katanya walaupun dapat beasiswa, kita tetap harus ngeluarin banyak uang, ya Kak?

K: Nah, kamu harus jeli ngelihat tipe beasiswanya. Ada yang beasiswa full atau cuma dapat beasiswa beberapa persen. Tapi, rata-rata kita emang harus tetap nyiapin bujet untuk living cost selama hidup di sana.

Z: Tapi Kak, telat nggak sih kalau aku baru mulai nyiapin ini semua pas udah SMA gini?

K: Haha! Nggak ada yang namanya sia-sia dan telat kok. Aku aja juga baru decide untuk sekolah di luar negeri waktu SMA dan baru mulai les untuk tes IELTS saat akhir SMA.

Z: Aku bingung cara bikin motivation letter-nya nih Kak. Boleh nyontek punya Kak Kimiko nggak? Hehe…

K: Jangan dong! Sebab, motivation letter kan menuangkan tentang dirimu ke sebuah tulisan. Intinya, tunjukin bahwa tujuanmu studi ke luar negeri itu bukan cuma ingin tahu culture luar negeri, tapi masih banyak hal lain yang ingin dialami. Harus spesifik kenapa kamu mau ambil that particular degree. Terakhir, tulis juga apa yang bakal kamu dapetin kalau diberi kesempatan untuk belajar di universitas tersebut.

Z: Hehe, Ok deh Kak. Makasih banyak ya Kak. Aku bakal berusaha supaya nyusulin Kak Kimiko ke Melbourne.

K: Haha…siap! See you.

Apa Motivasi Kamu Kuliah di Luar Negeri?

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Ratna Irtatik

Setelah lulus SMA, ada sebagian yang ingin kuliah di luar negeri. Pengen tahu nih, apa motivasi kamu ingin kuliah di negeri orang, Zets?! (*)

F. DOK PRIBADI

Ledya Ella Sartika
SMAN 14 Batam
Instagram: @ledyaella__

Motivasi saya yaitu selain mendapatkan masa depan yang lebih baik, kuliah di luar negeri tentu saja menambah pengalaman kita dengan bertemu orang-orang yang baru hingga tinggal dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan di sana. Semakin jauh kita menuntut ilmu tentu saja semakin berkualitas dan banyak ilmu yang kita dapatkan, selain menuntut ilmu kita juga bisa sekaligus jalan-jalan menikmati keindahan negara tersebut. Seperti saya ingin sekali bisa kuliah ke Mesir, menikmati keindahan Mesir. (*)

F. DOK PRIBADI

Wenny Febrina Putri
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @wenny_fp

Melanjutkan pendidikan di luar negeri sangat diinginkan semua mahasiswa atau pun pelajar tidak terkecuali saya. Motivasi saya ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri salah satunya, dengan berkuliah di luar negeri saya bisa memperluas relasi pertemanan di tingkat internasional, memperbesar peluang pekerjaan, mengubah pola pikir menjadi lebih jauh kreatif (out of the box) dan pastinya banyak belajar hal baru salah satu contohnya belajar tolerasi yang baik, bahasa, cara bersosial, gaya hidup, bahkan belajar budayanya. Itu sangat luar biasa dan memberikan pengalaman hidup yang bermanfaat. (*)