Pro Kepri

Non Reaktif Tetap Dirawat

Kontak Erat dengan Pasien Positif

KARIMUN (BP) – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Karimun menetapkan satu orang lagi menjadi PDP. Hal ini dilakukan untuk pencegahan dini setelah adanya satu kasus positif Covid-19 dari klaster kontraktor asal Pacitan via Surabaya di Kabupaten Karimun,
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan pasien 06 positif Covid-19 datang bersama dua rekannya.

Dari hasil rapid test, satu dari dua orang rekannya reaktif saat dilakukan tes bersama-sama dengan yang dinyatakan positif.

Akhirnya kedua orang ini dilakukan tes swab.
”Ketika hasil swab dikeluarkan BTKLPP Batam, hanya satu yang positif dan satu orang negatif. Yang negatif sudah keluar dari rumah sakit,” ujar Rahmadi kepada Batam Pos, kemarin (28/6).

Kemudian, lanjutnya, satu orang lagi rekan pasien 06 dilakukan pemeriksaan rapid test. Hasilnya memang non reaktif tapi tim tidak mau ambil resiko, sehingga menetapkan warga asal Jawa Timur ini sebagai PDP dan menjalani perawatan serta pengawasan di RSUD.

Pengambilan swab juga sudah dilakukan dua kali selama dua hari berturut-turut pada akhir pekan lalu.

”Kita tidak ingin terjadi penyebaran Covid-19. Untuk itu, meski hasil rapid test non reaktif, karena sering terjadi kontak dengan pasien 06 maka kita ambil kebijakan untuk melakukan perawatan terhadap satu orang rekannya tersebut,” ujarnya.

Karena melihat hasil pengamatan ke pasien 06 yang awalnya ketika di Surabaya non reaktif, tapi setelah beberapa hari di Karimun dinyatakan positif.

”Sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, lebih baik dirawat saja. Dan semoga hasil pemeriksaan swab negatif, sehingga daerah kita kembali bebas dari Covid-19,” papar Rahmadi.

Dikatakannya, dengan adanya tambahan satu PDP, maka saat ini di RSUD M Sani yang sedang dirawat menjadi tiga orang. Semuanya sudah diambil sampel swab dengan jumlah minimal dua kali per pasien. “Mudah-mudahan dalam pekan ini sudah bisa didapatkan hasilnya. Sementara itu, pasien 06 saat ini dalam kondisi stabil,” ujarnya. (***)

Reporter : SANDI PRAMOSINTO
Editor : GUSTIA BENNY