Sport

Vince Carter Gantung Sepatu setelah Satu Dekade

F. BLEACHERREPORT.COM
VINCE CARTER

ATLANTA (BP) – Bertahan di NBA selama 22 tahun jelas bukan perkara mudah. Tapi, Vince Carter telah melakukan itu. Dan, kemarin secara resmi dia akhirnya mengakhirinya. Akun media sosial bintang-bintang NBA kemarin memang penuh akan ucapan perpisahan untuk Carter. Senioritas serta dedikasi yang ditunjukkan pemain 43 tahun itu membuat namanya benar-benar harum.

“Terima kasih VC (Vince Carter). Salah satu pahlawanku di masa kecil. Olahraga ini akan merindukanmu. Kamu adalah orang yang berkompetisi di NBA setahun lebih lama daripada aku hidup di dunia ini,” ucap Troy Brown Jr, small forward 21 tahun Washington Wizards, di Twitter dilansir NBC Sports.

Carter resmi pamit dari NBA melalui statement yang dia buat dalam format podcast berjudul ‘Winging it with Vince Carter’. “Oke, hari ini aku resmi selesai dari basket profesional. Kini aku hanya bermain di rumah,” ucapnya di podcast tersebut seperti dilansir Associated Press.

Carter sejatinya sudah mengumumkan sejak lama niatan pensiun itu. Saat merapat ke Atlanta Hawks pada awal musim 2018-2019, dia menyebut itu akan menjadi tahun terakhirnya berkarir di NBA. Tapi, Hawks ternyata bisa merayunya untuk come back lagi di awal musim ini.

Kini Hawks ‘dipaksa’ mengakhiri musim ini lebih cepat. Posisi mereka yang berada di papan bawah (posisi ke-14) wilayah timur membuat tim tersebut tidak termasuk dalam 22 klub yang melanjutkan kompetisi di Orlando. Melihat kondisi itu, Carter merasa ini adalah waktu yang tepat untuk gantung sepatu. “Dia (Carter) ambasador sebenarnya untuk olahraga ini,” ucap Komisioner NBA Adam SIlver dilansir Associated Press.

Dalam 22 musim (1998-2020) di NBA, Carter tercatat pernah membela delapan tim.

Toronto Raptors yang menjadi tim pertamanya tercatat juga menjadi klub paling lama yang dia bela. Totalnya tujuh musim. Setelah itu, dia melanglang buana ke tim-tim lain, yakni New Jersey Nets, Orlando Magic, Phoenix Suns, Dallas Mavericks, Memphis Grizzlies, Sacramento Kings, dan terakhir berlabuh di Hawks. “Suatu kehormatan pernah bekerja sama denganmu Vince,” ucap Lloyd Pierce, head coach Hawks.

Berada di NBA selama 22 musim membuatnya mencatat rekor baru sebagai pemain paling lama berkarir di NBA. Dia juga tercatat sebagai satu-satunya atlet NBA yang pernah berkompetisi di ajang ini dalam empat dekade berbeda. Itu karena Carter merasakan berada di NBA pada 1990-an, 2000-an, 2010-an, dan 2020 saat ini.

Total sepanjang karir dia bermain di 1.541 pertandingan (ketiga terbanyak di sejarah NBA). Hanya di belakang Robert Parish (1.611 pertandingan) dan Kareem Abdul-Jabbar (1.560 pertandingan). Poin yang dia bukukan adalah 25.728 (posisi ke-19 di rekor NBA). (irr/c17/tom/*)

Reporter : JP GROUP
Editor : RYAN AGUNG