Kepri

Pemko Harus Cari Solusi Air Bersih

f.Peri Irawan/Batam Pos
Ria Ukur Rindu Tondang

TANJUNGPINANG (BP) – Permasalahan air bersih menjadi salah satu masukan yang disampaikan DPRD Tanjungpinang saat rapat pandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019.
Anggota DPRD Tanjungpinang, Ria Ukur Rindu Tondang mengatakan pihaknya dari fraksi Partai Nasdem mengapresiasi kinerja Pemko Tanjungpinang, namun ada beberapa poin yang harus diperbaiki untuk ke depannya.

”Contohnya tadi masalah air bersih, sebab sudah menjadi polemik luar biasa yang terjadi di Tanjungpinang, bahkan sepanjang tahun kita masih membahas masalah air,” kata Ria, di Kantor DPRD Tanjungpinang, Senin (29/6).

Kata Ria, walaupun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi tanggungjawab Pemprov Kepri, namun Pemko Tanjungpinang juga boleh memiliki solusi lain untuk mengatasi kekurangan air bersih.

”Apakah membuat sumur bor ataupun penelitian untuk menghasilkan air bersih, jadi pemerintah harus bisa melihat itu,” ujarnya.

Ria menjelaskan, lewat Komisi III, poin lain yang menjadi persoalan adalah Penerang Jalan Umum (PJU), ia menilai Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Tanjungpinang sudah cepat dalam menangani keluhan masyarakat, namun masih banyak titik-titik tertentu yang belum tersentuh.

”Pemerintah juga harus jeli dalam hal ini,” tutur Ria.
Kemudian dalam bidang pendidikan, seperti masalah seragam sekolah diharapkan lebih baik dari pengadaan sebelumnya.

Jika sekolah dibuka pada Juli, minimal pada September para siswa sudah mendapatkan seragam gratis.
”Agar tidak mubazir karena orang tua sudah membeli pakaian untuk anaknya,” ucapnya. (***)

Reporter : PERI IRAWAN
Editor : GUSTIA BENNY