Home

Bisa Jantungan dan Hipertensi

Batasi Minum Kopi Usai Bersepeda

Waspadai risiko jantung dan hipertensi dengan minum kopi usai mengayuh sepeda.

SURABAYA (BP) – Kebanyakan orang menyukai minum kopi. Lebih sedap lagi usai mengayuh sepeda lalu minum kopi. Eit hati-hati. Minum kopi terlalu banyak bisa mendatangkang penyakit.

Dalam The American Journal of Clinical Nutrition dinyatakan bahwa konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat menyebabkan hipertensi dan CVD atau cardiovaskular.
Yakni, penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Dalam jurnal tersebut, diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi 6–7 gelas kopi per hari
dengan jumlah 75 mg kafein per hari memiliki kecenderungan risiko CVD lebih besar.

Direktur PT Rolas Nusantara Mandiri Permadi E. Prasetya mengatakan, dia terbiasa mengonsumsi kopi di tengah atau setelah aktivitas bersepeda. Sebab, kopi mampu
meningkatkan adrenalin dan membuat tubuh tak terlalu capek.

Misalnya seseorang habis bersepeda dan beristirahat setelah 30 menit mengayuh, habis minum kopi.

”Perjalanan pulang tidak terasa berat lagi,” ujar Permadi.

Permadi yang juga anggota 031 Brompton menyarankan, pesepeda terlebih dulu mengetahui kapasitas dan kemampuan diri. Pesepeda perlu memperhatikan jumlah kopi  yang dikonsumsi. Selain itu, mengimbangi konsumsi kopi dengan konsumsi air putih maupun warming up sebelum bersepeda.

Pada orang tertentu, ada minum kopi relatif banyak. Padahal itu belum tentu benar. Aktivitas bersepeda yang dikombinasikan dengan kebiasaan ngopi bersama  teman tentu menyenangkan sekaligus mampu meningkatkan adrenalin.

Saat ini, aktivitas bersepeda menjadi primadona di kalangan masyarakat Surabaya. Di tengah pandemi Covid 19, bersepeda menjadi alternatif hiburan terbaru.  Selain menyehatkan, juga menjadi ajang bertemu rekan dengan tetap mematuhi anjuran physical distancing. Di tengah kehebohan gaya hidup baru itu, tentu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan stamina sekaligus menyehatkan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi kopi. (*)

Reporter : JP GROUP
Edito : SUPRIZAL TANJUNG