Kepri

Daya Tampung 360 Siswa, Pendaftar sudah 820 Pelajar

Jurusan Pariwisata SMKN I Bintan Utara Paling Diminati

Kepala SMKN 1 Bintan Utara, Wiharjo memantau calon siswa yang mendaftar sekolah secara online, Kamis (2/7) siang.
F.Slamet Nofasusanto/Batam Pos.

BINTAN (BP) – Jurusan pariwisata SMKN I Bintan Utara paling diminati pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

“Pendaftar sudah lebihi daya tampung. Daya tampung jurusan pariwisata 2 rombel, dimana 1 rombel 36 siswa,” jelas Ketua Panitia PPDB SMKN I Bintan Utara, Dian Iskandar, Kamis (2/7) siang.

Dian menyebut, tahun ini merupakan tahun ketiga dibukanya jurusan pariwisata. Walaupun sekarang masih berlangsung covid-19, menurut dia, minat siswa untuk belajar di jurusan pariwisata masih tinggi.

“Karena prospek ke depannya bagus,” katanya.

Kepala SMKN I Bintan Utara, Wiharjo mengatakan jurusan pariwisata masih menjadi jurusan favorit selain jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Hal ini karena menurut dia, industri pariwisata di Kabupaten Bintan mempunyai prospek yang sangat cemerlang ke depannya dikarenakan sumber daya alam yang sangat mendukung.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus menyiapkan dan mencetak sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi untuk industri pariwisata.

“Sekarang kita juga sudah ada Edukasi Pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, masih menurut dia, industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan daerah terbesar di Kabupaten Bintan.

Berdasarkan panitia PPDB SMKN I Bintan Utara, hingga Kamis (2/7), lebih kurang 820 calon siswa telah mendaftar untuk 7 jurusan dibuka. Dimana, daya tampung siswa untuk 7 jurusan tersebut ialah 360 siswa.

Usai pendaftaran secara online, panitia PPDB akan mengumumkan calon siswa yang lulus seleksi pada 6 Juli.

Kemudian calon siswa yang lulus seleksi diminta mendaftar ulang pada 7, 8, dan 9 Juli 2020.

“Tatap muka belajar kita lihat kondisi. Tapi kita akan berlakukan sistem shift untuk praktek. Karena kita sekolah kejuruan, praktek penting. Kalau teori, belajar daring,” ujarnya berharap pandemi covid berakhir akhir tahun ini. (*)

Reporter : Slamet Nofasusanto
Editor: Tunggul Manurung