Total Football

Enam Tahun, Enam Pelatih Baru di Era Peter Lim

F. The Independent.co.uk
Pemilik Valencia Peter Lim merayakan tahun keenam kepemilikannya dengan menggusur pelatih Albert Celades.

VALENCIA (BP) – Tak terasa sudah enam tahun semenjak kepemilikan Valensia dipegang oleh Peter Lim. Tepatnya semenjal 2 Juli 2014 silam. Tapi hal ini juga menjadi hari yang terlupakan bagi entrenador Valencia, Albert Celades.

Semenjak Kamis (2/7) dini hari, Albert tak lagi menjabat sebagai entrenador. Peter Li memilih untuk merayakan enam tahun kepemilikannya dengan menggusur Albert dari posisinya.

’’Voro (Salvador Gonzalez Marco, Red) mengisi pos yang ditinggalkan Celades dengan status pelatih karteker di sisa musim ini,’’ bunyi pernyataan resmi Valencia.

Dia menjadi pelatih keenam di era Lim yang harus rela mengakhiri masa bakti sebelum waktunya. Sebelum Celades, lima nama lainnya adalah Marcelino Garcia Toral, Cesare Prandelli, Pako Ayesteran, Gary Neville, dan Nuno Espirito Santo. Jika dirata-rata, satu pelatih per tahun sejak Lim jadi pemilik Valencia.

Alhasil, prestasi Valencia juga nyaris nihil. Hanya Copa del Rey musim lalu ketika masih dilatih Marcelino yang jadi kebanggaan Lim. Pelatih 54 tahun itu juga sukses membawa tim yang berkandang di Estadio Mestalla tersebut lolos ke Liga Champions dalam dua musim terakhir. Tetapi, Lim tetap memecatnya pada awal musim ini. Ketidakcocokan dengan Marcelino jadi salah satu penyebab.

Sementara itu, untuk Celades, hasil minor setelah sepak bola Spanyol dilanjutkan per dua pekan lalu jadi salah satu penyebab. Bagaimana tidak. Tim berjuluk Los Che itu hanya sekali menang dari lima jornada terakhir. Valencia di tangan Celades juga disingkirkan Granada pada perempat final Copa del Rey (5/1) dan kalah dari Real Madrid di final Supercopa de Espana (9/2). Itu belum termasuk kegagalan mereka di Liga Champions saat dieliminasi Atalanta pada 16 besar.

Seperti dilansir Marca, rentetan performa negatif tersebut diperparah dengan kondisi ruang ganti yang kacau. Beberapa pemain Valencia terlibat konflik dengan Celades. Salah satunya, striker Maxi Gomez. Pemain asal Uruguay itu melancarkan protes kepada Celades karena selalu jadi pengganti dalam empat jornada setelah La Liga kembali bergulir. Sebagai hukuman, Gomez hanya diberi jatah bermain 4 menit sebagai pengganti pada laga kontra Eibar (26/6). (*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG