Home

Pelaku UMKM Masuki Dunia Digital

Kerja sama Antara Bank BRI dan Google Cloud

IIustrasi Gedung BRI di Jalan Jend Sudirman Jakarta (Istimewa)

JAKARTA (BP) – Pelaku usaha mikro, kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia akan semakin dalam memasuki dunia digital. Ini seiring dengan langkah maju transformasi digital lewat kerja sama antara Bank BRI dan Google Cloud. Kebijakan ini memperkuat peran digitalisasi pelaku UMKM.

”Tujuan kita memperluas jangkauan dan kapasitas layanan teknologi digital bagi pelaku UMKM,”sebut Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo melalui keterangan tertulis, Kamis (2/7).

Lewat kerja sama ini kata Indra, ada tiga tujuan utama dalam kerja sama ini, pertama adalah mendorong ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan high tech dan low touch. Di sini, Bank BRI akan mempertajam merchant assessment melalui pemberdayaan data UMKM yang dimiliki Google yang mencakup seluruh Indonesia.

“Kerja sama dengan Google Cloud juga akan meningkatkan kompetensi UMKM melalui pelatihan digital bersama Google Academy (Youtube, dan Google MyBusiness),” ungkapnya.

Dengan kerja sama ini Bank BRI berupaya menciptakan micropreneur baru melalui penyaluran KUR Digital. Bank BRI juga akan meningkatkan eksposur dari KUR Digital ke seluruh pelosok dengan pemanfaatan Google Ads dan mempertajam penerapan KUR digital dengan teknologi Cloud dan Artificial Intelligence.

Poin ketiga, kerja sama ini akan menciptakan keunggulan bagi BRI dalam menciptakan Artificial Intelligence based Risk Management milik Bank BRI. Dengan kerja
sama ini, Bank BRI akan mempertajam akurasi Artificial Intelligence BANK BRI yaitu “BRIBRAIN” dengan best practice dan kerjasama teknologi yang dimiliki
Google.

“Untuk masuk ke micro dan ultramicro, Kami perlu melakukan terobosan dalam penerapan Artificial Intelligence untuk Merchant Assessment, Credit Scoring, Product Recommendation dan Fraud Detection. Kami harus dinamis, cepat, dan akurat,” tutur Indra.

Indra menambahkan, kerjasama dengan Google Cloud akan membantu BRI untuk memperluas jangkauan layanan keuangan untuk UMKM, meningkatkan kompetensi UMKM, dan penyaluran produk keuangan sesuai dengan profil dari UMKM.

“Kerja sama ini pada akhirnya juga membantu Bank BRI dalam meningkatkan leading financial indicator berupa Loan, Savings, Current Account Saving Account (CASA) dan Fee Based Income (FBI),” tutupnya. (*)

Reporter : JP GROUP

Editor : SUPRIZAL TANJ