Total Football

Rapuhnya Lini belakang The Blues

West ham United 3 vs 2 Chelsea

F.Tom Jenkins/NMC Pool/The Guardian
Striker West Ham United Andriy Yarmolenko saat mencetak gol ke gawang Chelsea dalam lanjutan Premiere League, Kamis (2/7) dini hari.

LONDON (BP) – Chelsea terpaksa harus pulang dengan kepala tertunduk usai dikalahkan tuan rumah West Ham United dengan skor tipis 3-2 dalam lanjutan Premier League, Kamis (2/7) dini hari WIB. Gol Yarmolenko di akhir babak kedua menjauhkan West Ham United dari zona degradasi.

Tiga gol kemenangan West Ham dicetak oleh Tomas Soucek (45 +1′), Michail Antonio (51′), dan Andriy Yarmolenko (89′). Sementara dua gol Chelsea dicetak oleh Willian di menit ke-42 (Penalti) dan di menit ke-72.

Kekalahan yang digapai Chelsea ini terasa begitu menyakitkan. Apalagi kekalahan ini bertepatan dengan Hakim Ziyech dan Timo Werner resmi menjadi pemain Chelsea.

Lemahnya sisi pertahanan menjadi penyebab kekalahan The Blues, julukan Chelsea. Sedemikian mudahnya Yarmolenko menusuk dan melewati lini pertahanan dan mencetak gol ke gawang Chelsea di akhir babak kedua menjadi bukti nyata rapuhnya pertahanan Chelsea.

Hal ini diakui oleh Frank Lampard, jika kekalahan ini membuat Chelsea kehilangan kesempatan untuk melewati Leicester untuk meraih posisi ketiga di Liga Premier. Lampard mengakui kemunduran ini merupakan indikasi seberapa jauh timnya harus maju jika mereka ingin meraih gelar musim depan.

“Kita harus bekerja keras mencapai tempat yang kita inginkan,” katanya. “Alasan kami semua mengejar Liverpool dan Man City adalah karena konsistensi yang mereka kembangkan sehingga itulah yang harus kami upayakan. Ini jelas membuat frustrasi, tetapi jika kita berada di posisi itu, itu adalah cara Anda bangkit kembali dan bergerak maju,” tambah Lampard

Saat ini Chelsea masih membuntuti Leicester dengan selisih satu poin, setelah The Foxes, julukan Leicester juga ditundukkan Everton dengan skor 2-1. Sedang Manchester United dan Wolves berada dua poin di belakang tim Lampard.

Lampard menolak untuk menyalahkan pemainnya atas kekalahan pertama mereka Premier League restart. Ia optimis anak asuhnya bisa meraih kemenangan dalam laga selanjutnya, Sabtu (4/7) malam waktu setempat melawan Watford di Stamford Bridge.

“Pemain bertahan memang melakukan kesalahan, tapi bukan berarti mereka mengecewakan. Kami telah membuat kesalahan dalam penumpukan gol, bukan hanya pemain bertahan, yang membuat kami kesulitan,” kata Lampard. “Saya tidak akan menyebutnya demikian karena setiap permainan berbeda. kalah bukan kejutan besar, jika Anda tahu Liga Premier dan Anda membuat kesalahan, itu bisa terjadi. Kita harus menerimanya dan terus maju,” tambahnya.

Kemenangan yang diraih West Ham adalah kali pertama sejak dimulainya kembali Premier League dan Moyes mengatakan itu sepenuhnya layak setelah gol Soucek secara kontroversial dikesampingkan oleh VAR di babak pertama. “Satu kemenangan tidak cukup. Kita harus menang lebih banyak jika kita masih ingin menjadi klub Liga Premier,” katanya.

“Tapi melihat kemenangan (lawan Chelsea, red), terutama menang lawan tkim yang berhasil mengalahkan City, itu adalah hasil yang luar biasa bagi kami,” seru Moyes. (*)

Reporter: RYAN AGUNG
Editor: PUTUT