Ekonomi & Bisnis

Suara Bass Mengesankan

TWS In-Ear Buds Q

f. RIAN ALFIANTO/JAWAPOS.COM
Perangkat Realme Buds Q yang didesain cukup menarik dengan harga terjangkau.

JAKARTA (BP) – Realme menghadirkan wearable Buds Air sebagai perangkat True Wireless Stereo (TWS) pertamanya pada awal 2020 lalu. Perangkat wireless earphone ini hadir dengan harga terjangkau namun membawa banyak fitur yang biasa hadir di kelas premium. Kini di pertengahan 2020, Realme melanjutkan suksesi Buds Air dengan menghadirkan Buds Air Neo dan dilanjutkan dengan membesut TWS in-ear pertama mereka bernama Buds Q. TWS Realme Buds Q melenggang ke pasaran bersamaan dengan hadirnya perangkat smartphone murah C11, penerus atau pengganti Realme C2 yang hadir awal 2019 lalu. Soal Buds Q, perangkat TWS in-ear ini diposisikan sebagai ‘High Quality TWS under 400K’ atau TWS terbaik dengan harga di bawah Rp 400 ribu. Penasaran seperti apa pengalaman menggunakan TWS Realme Buds Q, simak ulasannya.

Dimulai dari aspek kelengkapan produk, Realme Buds Q hadir dengan kotak kecil berwarna kuning yang mencolok. Tak lebih besar dari ukuran kotak penjualan smartphone, desain kotak ini mirip dengan perangkat TWS sebelumnya Buds Air dan Buds Air Neo. Di dalamnya terdapat keperluan standar penunjang penggunaan perangkat.

Ketika membuka kemasan, langsung dijumpai perangkat Buds Q yang tersedia dalam tiga pilihan warna yakni kuning, hitam, dan putih. Kebetulan, perangkat yang kami miliki berwarna hitam. Di balik sekat penyimpanan Buds Q di kotak penjualan, ada buku petunjuk pemakaian, kabel USB Micro untuk pengecasan dan dua buag karet ear piece tambahan sebagai cadangan atau pilihan lain sesuai ukuran lubang telinga.

Jika dibandingkan dengan Realme Buds Air yang sudah menggunakan USB Type-C untuk kemudahan pengecasan dan kecepatan transfer daya, Buds Q masih dibekali USB Micro yang menurut kami agak ketinggalan.

Buku petunjuk pemakaiannya juga berfungsi sebagai kartu garansi resmi. Jadi, simpan buku tersebut baik-baik. Ketika perangkat bermasalah dan dibutuhkan perbaikan, kamu bisa membawa buku tersebut.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perlengkapan lainnya di dalam kotak penjualan Realme Buds Q. Selanjutnya aspek desain. Realme Buds Q membawa desain yang menurut kami mirip dengan desain TWS in-ear kebanyakan dari banyak merek yang membesut produk serupa. Namun jika dibandingkan dengan perangkat lain sejenis di pasaran yang sudah pernah kami jajal juga, Realme Buds Q di kotak penyimpanannya hadir membawa bentuk oval serupa telur.

Desain tersebut menurut penjabaran pihak Realme terinspirasi dari batu yang berbentuk bulat (cobble) tanpa garis lurus. Menariknya lagi, TWS in-ear ini di sisi desain juga dikatakan dirancang oleh Jose Levy, seniman sekaligus desainer yang bekerjasama dengan Hermes, brand fesyen kenamaan dunia. Membawa jargon ‘Music Never Ends’ di sisi desain Realme Buds Q terbilang menarik.

Masih dari sisi desain, Realme menjelaskan, dengan Buds Q ini mereka ingin membentuk sebuah “trendsetting co-creation alliance” guna membangun citra tech trendsetter yang dare to play and leap: melalui kerja sama dengan desainer Hermes. Realme mendirikan

“trendsetting co-creation alliance” secara global untuk menciptakan realme Design Studio yang terdiri dari desainer kenamaan seluruh dunia yang didedikasikan untuk menciptakan produk trendi dan stylish untuk anak muda.

Di samping harganya yang terjangkau, TWS in-ear ini cukup kaya fitur untuk harga yang dibawanya. (*)

Reporter : JP GROUP
Editor : YUNUS SUCHARI