Metropolis

Tega!!! Ibu Kandung Habisi Bayinya Lalu Simpan di Toilet Selama Dua Hari

BATAM (BP) – Masih ingat Efrasia Kolo? Wanita berusia 21 tahun ini mulai menjalani rekonstruksi kepolisian untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya, setelah menghabisi nyawa bayi yang baru dilahirkannya di Perumahan Citra Indah, Batam Center, Jumat (12/6/2020) lalu.

Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Barelang menggelar rekonstruksi atau reka ulang pembunuhan dan pembuangan bayi yang dilakukan pelaku di Perumahan Citra Indah Blok BB nomor 3.A, Batam Center, Kamis (2/7) siang tadi.

Dalam rekontruksi ini, pelaku menjalani 27 adegan.

Adegan pertama dimulai dari pelaku melahirkan anak pertamanya tersebut di toilet lantai dua rumah. Kemudian, wanita 21 tahun ini membalut bayi dengan baju warna cokelat dan membawanya ke kamar.

Di kamar, proses menghilangkan nyawa dilakukan. Wanita asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menekan dada sang bayi tersebut. “Saya tekan supaya tidak nangis,” ujar Efrasia di lokasi.

Pada adegan ke-11, pelaku menjerat leher bayinya menggunakan kain hitam. Kemudian setelah tak bergerak, pelaku memasukkan bayi itu ke kantong dan meletakkannya kembali ke toilet. “Saya simpan selama dua hari di toilet,” katanya.

Dalam adegan ke-21, pelaku membuang bayi tersebut ke tong sampah yang berada di depan rumah. Kemudian kembali ke rumah itu untuk melakukan aktivitas sebagai pembantu rumah tangga.

“Setelah buang, saya bersih-bersih rumah,” katanya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 80 UU Perlindungan Anak Jo 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati. (*)

Reporter: Yofi Yuhendri
Editor: Chahaya Simanjuntak

F. YOFI YUHENDRI/BATAM POS
EFRASIA Kalo, pelaku pembunuhan dan pembuangan bayi di Perumahan Citra Indah menjalani rekontruksi, Kamis (2/7) siang ini.