Pro Kepri

Calon Polisi Teken Fakta Integritas

Wakapolres Karimun, Kompol Krisna menyaksikan penandatangan fakta integritas oleh peserta calon anggota Polri di Mapolres Karimun, kemarin.
f.sandi/Batam Pos

KARIMUN (BP) – Para anggota polisi mulai dari calon taruna (Catar) Akpol dan calon siswa (Casis) Tamtama Polri, Kamis (2/7) meneken atau menandatangani fakta integritas.

Hal ini disejalankan dengan pengambilan sumpah sebelum mengikuti tahapan ujian yang akan dimulai pada bulan ini.

”Penandatanganan dan pengambilan sumpah dilakukan dengan cara virtual. Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk Polda Kepri, bertindak sebagai pejabat yang membacakan sumpah adalah Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Darmawan diikuti seluruh peserta,” ujar Wakapolres Karimun, Kompol Krisna, kemarin.

Selain peserta yang akan mengikuti tes, lanjutnya, yang diambil sumpahnya, para orang tua atau wali juga ikut diambil sumpahnya.

Hal ini dilakukan agar orang tua siswa tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum untuk meloloskan anaknya. Misalnya melakukan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Karena proses perekrutan menggunakan prinsip bersih, transparan dan humanis (Betah). ”Perlu kita sampaikan

bahwa tidak semua peserta yang terdaftar ikut dalam proses
penandatangan fakta integritas dan pengambilan sumpah. Hanya beberapa orang perwakilan karena menerapkan protokol kesehatan. Untuk tahun ini yang melamar untuk Catar Akpol sebanyak 13 orang. Kemudian, Casis Tamtama 7 orang dan Casis Bintara 147 orang,” papar Krisna. (*)

reporter : Sandi Pramosinto
editor : Tunggul Manurung