Metropolis

Di Batam, Ada Pasien Covid 19 Kabur saat hendak Dievakuasi

Bayu Senja dicari-cari petugas Satgas Covid-19. (istimewa)

BATAM (BP) – Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Amsakar Achmad langsung meminta tim gugus kecamatan untuk mencari tahu pasien yang terkonfirmasi positif yang harus mendapatkan perawatan medis.

“Saya belum dapat cerita pastinya. Namun saya sudah perintahkan tim untuk mencari pasien tersebut agar bisa segera ditemukan dan dirawat,” kata dia, Jumat (3/7/2020).

Amsakar mengatakan tim kesehatan dan kecamatan langsung bergerak mencari dan menghubungi keluarga maupun tetangga pasien untuk mencari keberadaan pasien. Penyisiran akan langsung dilakukan agar bisa mencegah penyebaran lebih luas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pihaknya sudah mencoba menghubungi yang bersangkutan namun tidak dapat ada jawaban.

“Sejak tadi malam dikontak, tidak diangkat,” ujarnya.

Lebih lanjut Didi menjelaskan bahwa Bayu Senja merupakan kasus baru Covid-19 di Batam. Sebelumnya Ia menjalani pemeriksaan swab di RS Bhayangkara pada tanggal 22 Juni 2020, untuk memenuhi persyaratan keperluan kerja ke Malaysia.

Dari hasil swabnya sudah diinformasikan kepada yang bersangkutan pada tanggal 2 Juli 2020, namun saat dihubungi untuk dievakuasi, pasien ini tidak merespon dan mematikan saluran telepon untuk menghindari petugas.

“Tidak diangkat, ini menunjukkan pasien tidak kooperatif,” katanya

Berdasarkan e-KTP miliknya, pasien bernama Bayu Senja merupakan warga Kampung Angas Sungai Harapan, Sekupang.

“Kami sudah hubungi Reskrim Polresta Barelang juga agar bisa membantu mencari pasien ini,” sebutnya.

Ia mengharapkan pasien tersebut bisa segera menghubungi Puskesmas atau tim kecamatan agar bisa segera mendapat perawatan dan tidak menularkan kepada yang lain.

“Harus segera dirawat. Jadi kami minta pasien segera menemui tim,” imbuhnya.

Reporter: yulitavia
Editor: Putut