Home

Rosan: Percepat Salurkan Kredit untuk UMKM

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani. (dok. JawaPos.com)

JAKARTA (BP) – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat membutuhkan dana untuk menggerakkan usaha mereka. Salah satu sumber yang dibutuhkan pelaku UMKM adalah kredit modal kerja.

”Bantuan ini sangat penting mengingat sektor tersebut menjadi sektor yang paling berdampak karena Covid-19,” sebut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin),
Rosan P Roeslani dalam konferensi pers virtual Kamis (2/7).

Rosan meminta agar proses restrukturisasi dapat dilakukan dengan cepat agar usaha mereka dapat kembali berjalan.

Diakui Rosan, langkah-langkah cepat perlu disegerakan, proses restrukturisasi sudah berjalan. Kadin pun meminta mesti ada tahapan lanjutan yakni modal kerja yang memang dibutuhkan umkm terutama dan kepada dunia usaha.

Memang kata Rosan, saat ini persediaan dan permintaan sedang mengalami tekanan  yang begitu besar. Apalagi, tanpa adanya kredit modal kerja, para pelaku usaha khususnya UMKM tidak akan bisa memulai kembali usahanya.

“Modal kerja dibutuhkan UMKM dan pengusaha dalam kita mencoba untuk bergerak  kembali, karena kita tahu supply dan demand sedang tertekan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, tanpa adanya modal kerja, stimulus sebelumnya yang diberikan akan
percuma. Dengan demikian, pihaknya berharap kepada perbankan untuk mempercepat
penyaluran kredit modal kerja kepada pengusaha UMKM.

“Karena memang tadi dari beberapa asosiasi sampaikan, sehabis restrukturisasi, pihak perbankan masih belum memberikan modal kerja kepada UMKM dan dunia usaha,” jelasnya. (*)

Reporter : JP GROUP

Editor : SUPRIZAL TANJUNG