Sport

Kejutan, Unggulan Ketiga Ditundukkan Pasangan Tanpa Ranking

Mola TV PBSI Home Tournament

F. PP PBSI untuk Batam Pos
Pasangan Akbar/Winny melaju ke babak final Mola TV PBSI Home Tournament usai mengalahkan Rinov/Pitha rubber game 15-21, 21-18, 21-11.

batam.id – Kejutan besar dipersembahkan oleh pasangan Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow dalam Mola TV PBSI Home Tournament. Meski belum memiliki ranking dunia, pasangan ini mampu menembus babak final untuk menghadapi perlawanan Praveen/Melati yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu.

Dalam laga semifinal hari ini (3/7), di lapangan Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Akbar/Winny mengalahkan unggulan ketiga Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dalam pertarungan keras sampai rubber game yang berakhir dengan skor 15-21, 21-18, 21-11. Akbar/Winny menyelesaikan pertandingan dalam tempo 52 menit.

Kemenangan ini menunjukkan Akbar/Winny memiliki kualitas yang baik. Sempat berpasangan sejak 2017 atau ketika Winny berusia 19 tahun, mereka lantas dipisah. Winny berpartner dengan Tontowi Ahmad pada awal 2019. Itu terjadi karena Tontowi baru saja kehilangan pasangannya, Liliyana Natsir yang pensiun. Di sisi lain, Akbar terjun di ganda putra bersama Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Mulai tahun ini, mereka bergabung kembali dalam umur yang mulai matang. Winny berusia 21 tahun, sedangkan Akbar berumur 24 tahun. Dan ternyata, walau belum punya ranking dunia, perkembangan ini membuat permainan mereka bertumbuh.

Winny bermain lebih berani. Dia tidak takut beradu di area depan. Sementara itu, permainan Akbar lebih taktis, agresif, dan cepat. Akbar juga mampu meng-cover area belakang lapangan dengan baik.

Pada game pertama, Rinov/Pitha berhasil mengontrol kendali permainan dan unggul 21-15. Namun, pada game kedua, Akbar/Winny berhasil bangkit. Mereka memimpin 10-8. Walau kondisi sempat sama kuat 15-15, tetapi Akbar/Winny berhasil melepaskan diri dan melesat dengan kemenangan 21-18.

Di game penentuan, Akbar/Winny tampil sangat solid. Mereka mendominasi total permainan dan menang relatif mudah dalam kondisi 21-11.

“Saat kehilangan game pertama, kami ikuti pola mereka. Saya lambat dan nggak enak. Tetapi setelah itu bisa menang karena ganti pola lebih cepat, lalu variasi lambat,” kata Akbar dalam wawancara pinggir lapangan dengan Mola TV.

Secara keseluruhan, Akbar/Winny tampil luar biasa dengan menyapu bersih semua kemenangan sejak fase grup sampai semifinal. Bahkan, dalam laga Grup D, mereka mengalahkan ganda nomor delapan dunia dan unggulan kedua turnamen Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

“Hasil ini di luar target sih,” kata Akbar lantas tersenyum. “Target awalnya juara grup, lalu delapan besar, dan masuk semifinal udah seneng. Jadi nggak nyangka bisa ke final,” timpal Winny.

Pada final sore ini (3/7), Akbar/Winny akan berhadapan dengan unggulan pertama dan juara All England Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. “Wah agak susah lawan mereka. Mereka sama-sama kuat, jadi harus ngakalin dan pinter. Dan memang harus optimistis,” ucap Akbar. (*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG