Total Football

Usai Terima Guard of Honour, Empat Gol Bersarang di Gawang The Reds

F. Dave Thompson/AFP
Pemain Manchester City memberi ucapan selamat pada Kevin de Bruyne usai mencetak gol pertama City ke gawang Liverpool di Etihad Stadium, Jumat (3/7).

batampos.id – Memegang status jawara Premier League bukan berarti bisa memastikan menang dalam setiap laga. Seperti Liverpool yang baru saja memastikan diri sebagai kampiun musim 2019-2020 harus menahan malu di bantai empat gol tanpa balas saat tandang ke Stadion Etihad, markas Manchester City, Jumat (3/7) WIB

Performa brilian The Citizens, julukan Manchester City, sudah terlihat di babak pertama. Tiga gol dilesakkan oleh anak asuh Pep Guardiola dan menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0. Tiga gol itu dicetak oleh Kevin De Bruyne (25′-p), Raheem Sterling (35′), dan Phil Foden (45′).

Kemenangan City semakin sempurna saat Chamberlain mencetak gol bunuh diri di babak kedua tepatnya di menit ke-66. Bagi Liverpool memang kekalahan ini tak berarti banyak, lantaran telah mengunci gelar juara.

Tetapi kekalahan telak atas sang rival jelas merusak musim sempurna The Reds, julukan Liverpool, pesta yang belum usai ini. Meski demikian pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengaku legawa atas hasil laga ini. Padahal The Reds baru usai menerima penghormatan Guard of Honour dari skuad tuan rumah di awal laga.

F. Dave Thompson/AFP
Pemain bertahan Liverpool Virgil van Dijk tampak terpukul usai kekalahan timnya empat gol tanpa balas. Sementara gelandang City Kevin de Bruyne memandangi gestur van Dijk saat laga di Etihad Stadium, Jumat (3/7).

Klopp menyanggah pasukannya telah kehilangan fokus selepas mengunci gelar juara pekan lalu. Pelatih asal Jerman ini mengaku menyukai sikap yang ditunjukkan pemain-pemain Liverpool sambil tak lupa angkat topi pada performa sang lawan.

“Apakah laga ini penting bagi kami? Saya melihat sikap yang brilian,” tegas Klopp pascapeluit panjang dilansir dari Goal. “Mereka (City, red) berpikir lebih cepat dari kami. Permainan kami kurang mengalir. Anda punya masalah masif melawan City. Ada momen-momen bagus dari kami. Kami punya beberapa peluang, tapi tak memaksimalkannya. Ini hasil yang harus kami terima,” keluhnya

Klopp juga meminta agar suporter dan media tak menghakimi performa anak asuhnya. “Kalau kalian (media, red) ingin memuat berita ini dengan menyoroti bahwa kami tidak fokus, silakan saja,” tegas Klopp.

“Tapi saya menyukai sikap tim saya. Bukankah menyenangkan tim lain bisa menjadi juara saat Manchester City bisa bermain sebagus ini?,” kelitnya “Man City luar biasa. Saya melihat musim mereka, tak sekali pun mereka main jelek,” papar eks bos Borussia Dortmund ini.

F. Dave Thompson/AFP
Ekpresi Raheem Sterling isa mencetak gol ke gawang Liverpool di Etihad Stadium, Jumat (3/7).

Sementara itu Guardiola memuji kualitas dua pemainnya. Menurutnya kontribusi de Bruyne dan Folden layak diacungi jempol. “Dia pemain yang sangat bagus. Sangat, sangat bagus. Dia sosok yang unik,” ujar Guardiola setelah pertandingan.

“Dia bisa berlari, dia memiliki visi. Karakter yang dia tampilkan sekarang, mencetak empat gol penalti secara beruntun ketika kami kesulitan musim ini dengan hal tersebut. “Sekarang di posisi gelandang, dia yang terbaik. Tentu saja dia bisa menjadi lebih baik. Bagaimana? Dia tahu caranya,” tutup Guardiola. (*)

Reporter: RYAN AGUNG
Editor: PUTUT ARYO