Home

Indonesia Menuju Negara Berpenghasilan Tinggi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa Indonesia akan terbebas dari middle income trap. Middle income trap merupakan kondisi suatu negara yang terjebak pada pendapatan menengah yang tidak bisa menjadi negara maju. (Antara Photo)

JAKARTA (BP) – Presiden Jokowi menuturkan bahwa Indonesia menuju menjadi negara berpenghasilan tinggi. Dan itu bukan hal yang mudah. Banyak juga negara yang telah merdeka selama hampir 100 tahun masih terjebak sebagai negara berpenghasilan menengah.

“Ini patut kita syukuri bahwa kita berjalan ke arah yang benar bahwa kita harus melangkah maju menuju negara berpenghasilan tinggi dengan mengedepankan keadilan sosial bagi negara Indonesia,” terang Presiden Jokowi dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020 secara daring, Sabtu (4/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun dengan tegas mengatakan bahwa Indonesia akan bisa keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah. Namun, hal itu juga harus diimbangi dengan pertumbuhan yang lain.

Mulai dari pembangunan infrastruktur yang efisien, kerja cepat dan produktif yang berorientasi pada hasil, hingga menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

“Saya dengan tegas mengatakan kita punya potensi besar, kita punya peluang besar untuk melewati middle income trap,” jelasnya.

Jokowi menegaskan bahwa hal itu harus dilakukan dengan cepat dan sangat segera.

“Mari kita manfaatkan puncak bonus demografi menjadi unggul. Satu abad RI sudah dekat di 2045 nanti, tinggal 25 tahun nanti, mari kita catat sejarah bahwa kita tidak akan terjebak pada middle income trap. Mari kita buktikan Indonesia mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi,” tegas Presiden Jokowi.

Ditambahkan Jokowi, Indonesia sedikit lagi akan memasuki umur satu abad, yakni 25 tahun lagi atau pada tahun 2045. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa Indonesia akan terbebas dari middle income trap.

Middle income trap merupakan kondisi suatu negara yang terjebak pada pendapatan menengah yang tidak bisa menjadi negara maju. Saat ini, Indonesia juga telah berhasil masuk dalam negara dengan pendapatan menengah atas. Sebelumnya gross national income per kapita Indonesia sebesar USD 3.840 menjadi USD 4.050. Hal tersebut berdasarkan laporan Bank Dunia pada 1 Juli lalu. (*)

Reporter : JP GROUP

Editor : SUPRIZAL TANJUNG