Lifestyle

8 Hal yang Harus Kamu Perhatikan kala Bersepeda

ilustrasi
foto: pixabay.com

batampos.id – Dokter Spesialis Kedokteran Olah Raga Andika Raspati memberikan tips aman bersepeda pada masa new normal ini.

Pertama, tetaplah jaga jarak saat bersepeda.

(Kedua) Pakai masker di mana saja untuk menghindari droplet,” kata Andika saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Ketiga, aturlah kecepatan bersepeda agar tidak sesak napas saat menggunakan masker.

(Keempat) Sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet,” ujar Andika.

Kelima, para pesepeda harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum bersepeda.

Keenam, menggunakan helm.

Ketujuh, pencahayaan lampu atau pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain.

Kedelapan, memastikan kondisi kesehatan.

“Caranya dengan konsultasi ke dokter seberapa bugar Anda dan jika baru bersepeda jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan,” ucapnya.

Andika juga berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketika sedang berkumpul. Kalau bisa, malah tidak perlu kumpul-kumpul.

Ketua Bike2Work Indonesia Poetoet Soedarjanto menambahkan, pemula sebaiknya bersepeda secara bertahap.

“Bagi pemula, yang pertama perlu bertahap, mulai dari satu minggu sekali,” katanya.

Setelah itu intensitasnya bisa ditingkatkan menjadi tiga-empat kali dalam sepekan. “Baru ketika sudah terbiasa dapat setiap hari menggunakan sepeda ke kantor,” jelas Poetoet.

Dia juga mengingatkan, agar pesepeda tetap mematuhi peraturan lalu lintas, agar tidak mencelakai diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. “Lalu dianjurkan untuk bersepeda sendiri atau solo riding, jika berkelompok maksimal lima orang,” tuturnya.

Perlu diketahui, bersepeda merupakan bentuk latihan tubuh. Bagi yang hobi bersepeda, akan memiliki kebugaran tubuh yang baik terutama bagi jantung dan paru-paru. Selain itu bersepeda juga dapat mencegah berbagai penyakit, obesitas, dan menjaga imunitas. (*)