Kepri

Pakai Masker Akhirnya jadi Kebiasaan

Kesulitas Saat Mengatur Penumpang Turun dari Kapal

Salah seorang penumpang yang tiba dari Batam saat memindai aplikasi E-HAC oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Senin (6/7).
F.Peri Irawan / Batam Pos.

TANJUNGPINANG (BP)- Tiga pekan penerapan new normal di Tanjungpinang, kepatuhan calon penumpang menerapkan protokol kesehatan di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Pantuan Batam Pos, baik calon penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang tiba di SBP Tanjungpinang masih patuh menggunakan masker.

Koordinator Pelabuhan SBP Tanjungpimang, Raja Azmi menjelaskan saat ini tingkat kepatuhan calon penumpang di SBP Tanjungpinang masih bagus, sebab sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

“Menjaga jarak juga saat akan masuk ke kapal,” kata Raja saat diwawancara di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Senin (6/7).

Raja menjelaskan penerapan protokol lainnya seperti penggunaan masker saat akan membeli tiket juga diterapkan, sehingga bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker tidak akan dilayani. “Kita suruh gunakan masker dulu setelah itu baru dilayani,” ujarnya.

Menurut Raja saat ini penumpang yang datang dan atau calon penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan SBP Tanjungpiang tidak banyak perubahan, sehingga kebiasaan menjalakan protokol kesehatan bisa dilaksanakan dengan baik.

“Kebanyakan penumpangnya orang yang sama, orang Batam bekerja di sini dan orang Tanjungpinang yang bekerja di Batam,”ungkapnya.

Meski demikian yang menjadi kesulitan adalah mengatur penumpang yang turun dari kapal, sering terjadi penumpukan dan tidak menjaga jarak. “Kesulitan kita saat penumpang turun dari kapal saja, yang lainnya masih bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter : Peri Irawan
Editor: Tunggul Manurung