Kepri

Peminat SMA Negeri 4 Tanjungpinang Melebih Kuota

Seleksi juga Ditentukan Jarak Rumah ke Sekolah

Darson
f.Jailani

TANJUNGPINANG (BP)-Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 4 (SMAN 4) Tanjungpinang, Darson mengatakan jumlah pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 4 Tanjungpinang tembus pada angka 450 orang. Angka tersebut melebihi dari rencana Daya Tampung Sekolah (RDT).

“Dari database pendaftar, jumlahnya sudah melebihi dari RDT. Kapasitas sekolah kita untuk murid baru sebesar 350 orang,” ujar Darson, Senin (6/7) di Tanjungpinang.

Menurutnya, saat ini masih dalam proses verifikasi pendaftar. Ditegaskannya juga, pihaknya akan melakukan pendaatan kembali setiap jalur pendaftaran. Baik itu, prestasi, perpindahan orang tua, afirmasi, dan zonasi. Pihaknya tetap mengupayakan semua yang mendaftar dapat diakomodir.

“Dinas punya kewenangan pada tahap PPDB. Paska-PPDB kami juga punya kewenangan untuk membuat kebijakan. Namun sekarang ini masih berproses pada kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Provinsi Kepri Tahun Ajaran (TA) 2020/2021, Fatahurrahman mengatakan tujuh SMA Negeri yang ada di Tanjungpinang dijadikan dalam satu zonasi. Menurutnya, keputusan peserta terpilih akan ditentukan oleh jarak rumah pendaftar dengan lokasi sekolah.

“Kebijakan ini kami lakukan menyikapi terbatasnya penyebaran sekolah. Sehingga optimal diterapkan sistem zonasi. Maka dari itu, pada PPDB tahun ini setiap peserta bisa memilih tujuh SMA Negeri yang ada di Tanjungpinang. Namun seleksinya nanti ditentukan oleh jarak tempat tinggal ke sekolah,” ujar Fatahurrahman. (*)

Reporter: Jailani
Editor : Tunggul Manurung