Total Football

Ronaldo Kembali Pede Setelah Eksekusi 43 Free Kick

F. MARCO BERTORELLO/AFP
Ekspresi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol dari tendangan bebas.

batampos.id – Allianz Stadium, Turin, Minggu (5/7) WIB, tidak hanya jadi panggung Gianluigi Buffon. Di sana, juga jadi panggung untuk Cristiano Ronaldo. Sebab, malam itu jadi akhir penantian gol-gol khas dari CR7, julukan Ronaldo, yang tercipta melalui tendangan bebas. Eksekusi tendangan bebas CR7 dari jarak 30 meter, meluncur mulur ke sisi kiri di atas jangkauan portiere Torino Salvatore Sirigu.

Gol yang terjadi pada menit ke-61 itu menandai gol ketiga dari parade empat gol Juve ke gawang Torino. Gol ke-25 yang dicatatkan CR7 sepanjang Serie A musim ini. Pemain termahal gajinya di Juve itu pun memecahkan rekor yang belum mampu dipatahkan pemain-pemain Juve sepanjang 60 tahun.

CR7 jadi pemain Juve pertama yang mencapai 25 gol dalam semusim Serie A setelah kali terakhir capaian itu ditorehkan Omar Sivori pada musim 1960 – 1961. Sivori melakukannya pada saat Juve menghajar Inter Milan dengan skor super telak, 9-1 ketika giornata pemungkas musim itu.

Tetapi, bukan soal rekor Sivori yang akan selalu diingat CR7. Melainkan proses gol yang sepanjang dua musim mengenakan jersey La Vecchia Signora, julukan Juve, belum pernah dapat dia lakukan. Ya, kutukan menjebol gawang lawan untuk Juve lewat skema tendangan bebas yang baru kemarin bisa dia patahkan.

’’Aku benar-benar membutuhkan gol tendangan bebas itu. Sehingga aku bisa kembalikan kepercayaan diriku,’’ ungkap pencetak gol terbanyak Juve musim ini tersebut, kepada Sky Sport Italia. Kali terakhir CR7 mampu menciptakan gol melalui situasi direct free kick itu ketika dia di Real Madrid.

Gol manis itu yang jadi penentu kemenangan 1-0 Los Merengues, julukan Real, saat final Piala Dunia Antarklub 2017 di Abu Dhabi atas Gremio. CR7 layak lega. Sebab dia sudah sering menjajal peruntungannya mencetak gol dari direct free kick. Apalagi sebelum hengkang ke Italia, dia sudah indentik dengan gol-gol tendangan bebas langsung.

F. MARCO BERTORELLO/AFP
Cristiano saat akan melakukan eksekusi tendangan bebas.

Sebelum ke Juve, 44 kali dia mencatatkan namanya di papan skor dengan cara itu. Total, 12 gol dia melakukannya untuk Manchester United di semua ajang dan 32 lainnya dengan Real. Gol kemarin pun jadi upaya ke-43 CR7 melakukan eksekusi tendangan bebas langsung selama di Juve. ’’Aku tak peduli siapa yang mencetak gol selagi aku masih bisa memberikan kemenangan bagi klub ini,’’ sebut CR7 yang masih berjarak empat gol dari daftar pemuncak Capocannoniere (top scorer) Serie A musim ini, Ciro Immobile, itu.

Yang tak kalah senangnya adalah allenatore Juve Maurizio Sarri. ’’Dia (CR7) datang dan berkata padaku “akhirnya”,’’ ungkap Mister 33, julukan Sarri, dilansir laman resmi klub. Sarri di dalam kesempatan itu pun juga memuji kolaborasi Paulo Dybala dan Ronaldo yang disingkat jadi Dybaldo itu. ’’Aku pikir, mereka harus sering bersama. Aku tak meragukannya,’’ sambung Sarri. (ren/*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG