Metropolis

SMA 3 Hanya Terima Siswa Berjarak 840 Meter Dari Sekolah

f. Fiska Juanda/Batam Pos
Sejumlah orangtua menunggu panitia PPDB SMAN 3 Batam, Senin (6/7).

BATAM (BP) – Orangtua siswa tak lolus Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menyambangi SMAN 3 Batam. Kedatangan mereka untuk menanyakan nasib, anak mereka yang tak lolos. Bahkan siswa yang tak lolos sistem zonasi PPDB, lokasinya berada di belakang sekolah.

“Terakhir jarak yang diterima itu radius 840 meter. Sedangkan saya jaraknya, 1.006 meter,” kata salah seorang orangtua siswa Yohannes, Senin (6/7).

Ia berharap zonasi lebih diperluas, dan jumlah kuota siswa ditambah. Apabila anaknya memilih sekolah lain seperti daerah kabil atau legenda, jaraknya terlalu jauh dari rumahnya.
“Ke Kabil 4 kilometer lebih. Legenda juga sama. Terdekat yah SMA 3 ini,” ucapnya.

Hal yang senada diucapkan oleh orangtua siswa lainnya, Nikson. Ia mengaku tinggal di Perumahan Marbella, berjarak 1,2 kilometer dari SMAN 3.
“Awalnya nama anak saya muncul. Namun zonasi diperkecil lagi hanya menerima radius 840 meter saja,” tuturnya.

Ia juga cukup kecewa SMAN3 Batam hanya menerima 110 siswa melalui sistem zonasi. Padahal kapasitas sekolah sebanyak 252 siswa. Alasan sekolah karena kuota siswa lainnya melalui jalur prestasi, afirmasi dan jalur kepindahan orang tua.
“Saya hanya ingin anak sekolah. Jarak terdekat yah disini,” ungkapnya.

Sedari pagi hingga siang, orangtua siswa yang tak lulus PPDB memilih bertahan di depan SMAN 3. Akibat tidak ada perwakilan sekolah keluar, mereka sempat berteriak-teriak meminta penjelasan atas nasib anak mereka. (*)

Reporter : Fiska Juanda
Editor : Andriani Susilawati