Home

Bukopin Berkomitmen Majukan UMKN

Kunjungi Redaksi Batam Pos

 

PEMIMPIN Redaksi Batam Pos Muhammad Iqbal menerima cinderamata dari Branch Manager Bukopin Batam Riza Novian di Graha Pena Batam, Selasa (7/7/2020). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

BATAM (BP) – Bank Bukopin berkomitmen memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Batam. Apalagi sejak pandemi Covid-19, dari 81.575 UMKM di Batam, sekitar 1.900 terdampak sehingga sangat membutuhkan suntikan modal.

Komitmen Bank Bukopin cabang Batam untuk membantu UMKM itu disampaikan langsung Branch Manager Bank Bukopin Cabang Batam, Riza Novian, saat berkunjung ke redaksi Batam Pos, Selasa (7/7).

“Media dan perbankan harus bergandeng tangan dan saling support untuk komitmen membangun perekonomian berbasis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan lain-lain,” kata Riza.

Riza dan rombongan pada kunjungan ke Redaksi Batam Pos diterima Pemimpin Redaksi Batam Pos, Muhammad Iqbal, dan para manager lainnya. Selain menyampaikan program-program layanan Bukopin, bank yang sudah eksis di Batam sejak 1997 ini, kunjungan ini juga untuk menjalin silaturahmi dengan media cetak terbesar di Kepri.

Selain berkomitmen membantu perekonomian Batam dengan memberdayakan UMKM, di tengah pandemi Covid-19, Riza menjelaskan, Bank Bukopin tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Riza juga melihat, pandemi Covid-19 memang sangat mempengaruhi perekonomian Batam. Riza menilai imbasnya mempengaruhi kalangan pengusaha untuk menahan modal yang dimilikinya.

“Banyak pengusaha menahan modalnya agar bisa dibagi ke biaya yang tidak terduga saat ini. Kebijakan work from home (WFH) juga sebenarnya menyebabkan biaya hidup bertambah, contohnya tarif listrik meningkat, biaya makan bertambah, begitu juga dengan paket kuota data, dan lainnya,” ungkapnya.

Di tengah kondisi saat ini, Bank Bukopin tetap optimis mampu memberikan pelayanan terbaik. Apalagi dalam waktu dekat, perbankan dari Korea, KB Kookmin Bank, akan semakin mengukuhkan kepemilikan sahan di Bukopin. Seperti yang diketahui, KB Kookmin berorientasi ke sektor retail, sehingga lebih dekat ke masyarakat Batam.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen konsumer dan UKM, serta didukung segmen komersial. Sesuai dengan misi “Memahami dan Memberi Solusi kepada Nasabah.”

Riza juga mengatakan, Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabah dengan melakukan modernisasi infrastruktur Teknologi Informasi (TI), serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital, seperti aplikasi Bukopin Mobile dan aplikasi perbankan digital Wokee.

Per 31 Mei 2020, saham Bank Bukopin dimiliki Bosowa Corporindo (23,4 persen), KB Kookmin Bank (22 persen), Negara Republik Indonesia (8,9 persen), dan masyarakat (termasuk Kopelindo, total kepemilikan saham publik mencapai 45,740,4 persen).

Bank Bukopin beroperasi di 24 provinsi, dengan 43 kantor cabang utama, 175 kantor cabang pembantu, 162 kantor kas, 9 kantor fungsional, 25 payment point, dan 836 unit ATM, serta tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. (*)

Reporter: RIFKI SETIAWAN
Editor: MOHAMMAD TAHANG