Nasional

Jangan Takut Donor Darah, PMI Pastikan Aman dengan Protokol Kesehatan

ILUSTRASI: Kegiatan donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2020,di Polresta Barelang, Batam, 16 Juni 2020. F: Dokumen PMI Kota Batam untuk Batam Pos

JAKARTA (BP) – Palang Merah Indonesia (PMI) menjamin pelaksanaan donor darah dipastikan aman selama pendonor mematuhi protokol kesehatan. PMI juga menyiapkan segala fasilitas yang steril dan aman.

Masyarakat diajak untuk jangan ragu mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19. Sebab stok darah makin menipis hingga 20 persen. Warga diduga khawatir mendonorkan darah dan berkerumun dengan banyak pendonor lainnya.

“Untuk pelaksanaan donor darahnya sendiri, masih bisa dikatakan aman,” kata Pengurus bidang donor darah PMI Pusat dr. Linda Lukitari Waseso kepada wartawan, Senin (6/7/2020).

Dia menegaskan hingga kini belum ada laporan terkait penularan Covid-19, baik saat pelaksanaan donor darah atau pada saat pelaksanaan transfusi. Karena PMI sudah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donor darah di masa pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum donor, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, dan berbagai proses pendukung lain. Seperti pelaksanaan penyemprotan desinfektan secara berkala. Para pendonor juga diminta memakai masker.

“Kekhawatiran yang muncul pada benak seseorang yaitu takut untuk bepergian dan berkumpul di suatu tempat,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. Dia menilai untuk menambah stok darah, PMI harus proaktif untuk mendatangi dan mampu memberikan rasa aman kepada para pendonor. Abbas pun mengimbau agar masyarakat saling membantu untuk jadi pendonor.

Ketika protokol kesehatan dijalankan, menurut Abbas, sang donor sangat dijaga dan dipelihara keamanan dirinya dari risiko tertular virus corona. Abbas juga menjelaskan satu sisi imbauan donor dari dari perspektif agama.

“Dari perspektif agama ada satu hadis yang sangat perlu kita ketahui bahwa orang yang mau membantu dan mengeluarkan orang lain dari kesulitan, maka Allah telah berjanji akan memberikan kelapangan kepadanya, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat,” katanya.(*)

Reporter: JP GROUP
Editor: JAMIL QASIM