Sport

Nurul Fokus Kejar Tiket Olimpiade Tokyo

F. Lombok Pos
Atlet panjat tebing asal NTB Nurul Iqamah sedang berjuang untuk meraih tiket ke Olimpiade Tokyo.

batampos.id – Atlet panjat tebing putri Indonesia asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurul Iqamah masih memiliki kesempatan terakhir untuk lolos ke Olimpiade Tokyo.
peluang ini akan coba diperbesarnya dalam satu kejuaraan yang digelar sebagai pra-kualifikasi Olimpiade.

Ketua Harian Pengprov FPTI NTB Adi Hendra Susanto mengatakan jika Nurul akan turun bersama 11 atlet panjat tebing lainnya. ”Ada kejuaraan yang bisa diikuti Nurul. Ini yang terakhir untuk pra-kualifikasi olimpiade,” ujarnya, Senin (6/7).

Karena itulah Nurul bersama 11 atlet panjat tebing lainnya dipanggil ke pelatnas untuk mempersiapkan diri turun di kejuaraan tersebut. ”Jadwal kejuaraannya belum ada. Yang penting sekarang dia persiapkan diri di pelatnas,” kata Adi.

Pelatnas panjat tebing sendiri akan dimulai 7 Juli. Seluruh atlet sudah harus tiba di Jakarta pada tanggal tersebut. Di pelatnas Nurul bersama 11 atlet lain yakni Aries Susanti Rahayu (Jateng), Raji’ah Salsabillah (Banten), Vedriq Leonardo (Kalbar), dan Alfian M. Fajri (Jateng).

Kemudian Aspar Jaelolo (DKI Jakarta), Rahmad Adi Mulyono (Jatim), Kiromal Katibin (Jateng), Zaenal Aripin (DKI Jakarta), Amanda Nanda Mutia (Jatim), Alivany Ver Khadijah (Sulsesl), dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (Bali).

”Kejuaraan nanti itu individual. Artinya Nurul juga harus bersaing dengan atlet panjat tebing asal Indonesia juga,” cetusnya.

Pada olimpiade mendatang, cabor panjat tebing hanya mempertandingkan satu nomor pertandingan yakni combine. Untuk nomor ini diakui Adi peluangnya cukup besar mengingat di nomor ini Nurul pernah menorehkan prestasi.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto menyambut baik pemanggilan Nurul ke pelatnas. Dengan dipanggilnya Nurul maka program latihan yang dijalani Nurul akan lebih maksimal karena didukung program nasional.

”Semoga Nurul bisa berlatih dengan maksimal. Dan dapat prestasi yang bagus bagi Indonesia,” katanya.

Andy berharap sejumlah atlet NTB juga bisa bergabung dengan pelatnas cabor masing-masing. Karena persiapan atlet-atlet sudah harus dimulai untuk menghadapai ajang internasional yang akan diselenggarakan di 2021 mendatang.

”Di pelatnas mereka juga berlatih untuk persiapan membela NTB saat PON Papua nanti,” tutupnya. (puj/r8/*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG