Metropolis

SMKN 5 Data Ulang Siswa Yang Tidak Lolos PPDB

BATUAJI (BP) – Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah usai. Dinas pendidikan Provinsi Kepri telah menetapkan siswa yang diterima di sekolah masing-masing. Namun demikian persoalan ini belum selesai di Batam sebab, lebih banyak calon siswa yang tidak lolos PPDB.

Mereka yang tidak lolos ini terus mendatangi lokasi sekolah yang ditujuh untuk mendapat kebijakan lain sehingga mereka bisa kembali diterima.

Calon siswa yang mendaftar ke SMKN 5 Batam misalkan, bersama orangtua mereka kembali mendatangi lokasi sekolah, Selasa (7/7)kemarin.

Mereka tidak sekadar menanyakan tapi juga mendesak agar ada kebijakan lain sehingga anak mereka bisa kembali diterima di sekolah tersebut. “Karena kami warga di sini (Dapur 12). Masa dari luar sana sekolah di sini tapi kami yang di sini sekolah ke luar sana. Ini harus ada kebijakan tersendiri karena anak sekitar sini anak kami ini,” ujar Ignas, seorang warga di SMKN 5 Batam, kemarin.

Kepala SMKN 5 Batam, Agus Syahrir saat dikonfirmasi mengakui masih banyak orangtua ataupun calon siswa yang mendesak pihak sekolah untuk bisa menampung kembali mereka yang tidak lolos pada PPDB online itu. Desakan ataupun permintaan masyarakat ini tetap diakomodir oleh pihak sekolah dengan menyuarakan ke pihak Disdik Kepri.

“Hasilnya ya kita disuruh data ulang calon siswa yang sudah daftar ke SMKN 5 tapi tidak lolos PPDB online ini. Nanti tindak lanjutnya seperti apa tergantung dari Dinas (Disdik),” ujar Agus.

Untuk pendataan ulang ini tegas Agus hanya khusus bagi mereka yang mendaftar ke SMKN 5 namun tidak lolos PPDB online sebelumnya. Untuk mereka yang daftar ke sekolah lain tidak diterima lagi dan harus ke sekolah yang awal mereka daftar. “Tapi itu tadi kebijakan tetap di Dinas. Mau seperti apa nanti itu keputusan dari Dinas,” ujar Agus. (*)

REPORTER : Eusebius Sara
Editor : Andriani Susilawati