Kepri

3.150 Lampu Penerangan Jalan Mati

Disperkim Tanjungpinang Akui Kekurangan Anggaran dan Petugas

Djasman
f.Peri/Batam Pos

TANJUNGPINANG (BP)- Dinas Perumahan dan Permukiman
(Disperkim) Kota Tanjungpinang mulai lakukan pemeliharaan
lampu penerangan jalan pada jalan utama yang tersebar di
Tanjungpinang.

Kadisperkim Kota Tanjungpinang, Djasman menjelaskan pemeliharaan itu berupa penggantian lampu yang tidak menyala. “Sebelumnya selama tiga bulan turun ke lapangan kami data, memastikan data yang ada sesuai kenyataan di lapangan,” kata Djasman, Rabu (8/7).

Pemeliharaan diutamakan pada jalan protokol dan beberapa jalan yang dilaporkan masyarakat yang di perkampungan, namun karena kekurangan petugas, laporan dari masyarakat harus antre untuk diperbaiki.

“Itu kendalanya, tapi mudah-mudahan semua laporan akan diperbaiki,” ujarnya. Disebutkan Djasman, jumlah lampu penerang jalan umum (PJU) yang menyala hanya 50 persen dari total sekitar 6.300 PJU atau 3.150 unit yang tersebar di Tanjungpinang. Selama pemeliharaan dilakukan yang sudah diperbaiki kembali sekitar 200 unit.

“Targetnya semua terang, namun karna keterbatasan anggaran pemeliharaan akan disebar, walupun tidak terisi semua yang penting terbagi,”ungkapnya.

Saat ini lanjut Djasman menjelaskan, anggaran yang tersedia untuk pemeliharaan PJU hanya Rp 500 juta, sementara kebutuhannya sekitar Rp 2 miliar. “Kita berharap di APBD Perubahan anggaran itu ditambah, termasuk untuk pengadaan lampu yang baru,” tutur Djasman.

Reporter : Peri Irawan
Editor: Tunggul Manurung