Sport

Kalah Dua Set Langsung, Bobby Dapat Pelajaran Berharga dari Ginting 

Mola TV PBSI Home Tournament

F. PP PBSI untuk Batam Pos
Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga lawan Bobby Setiabudi dalam Mola TV PBSI Home Tournament, Rabu (8/7).

batampos.id – Pelajaran berharga didapatkan pebulu tangkis muda Bobby Setiabudi dalam laga pembuka Grup E Mola TV PBSI Home Tournament, Rabu (8/7). Dalam laga yang dilangsungkan di lapangan Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Bobby harus menyerah dua set langsung atas Anthony Sinisuka Ginting 21-19 dan 21-16.

Bicara level, Ginting dan Bobby memang berbeda jauh. Ginting adalah pemain nomor satu Indonesia yang berada di ranking enam dunia. Sedangkan Bobby adalah pemain junior yang berada di posisi 380 dunia.

Namun, ternyata, Bobby mampu memberikan perlawanan yang baik. Pada game pertama, Bobby yang awalnya tertinggal 14-18, mampu menyusul menjadi 18-19, dan bahkan menyamakan kedudukan dalam posisi 19-19.

Tetapi, pengalaman dan kematangan, membuat Ginting unggul dengan skor 20-19 lewat smes silang yang akurat dan terarah. Cegatan di depan net, membawa Ginting merebut game pertama dengan skor tipis 21-19.

Pada game kedua, Ginting kembali memimpin dengan skor 11-8. Berbeda dengan game pertama, Ginting meraih kemenangan lebih mudah dalam posisi 21-16. Ginting menyelesaikan game pertama dalam tempo 19 menit. Sedangkan game kedua berlangsung 17 menit.

Ginting mengatakan bersyukur kepada Tuhan karena bisa menang tanpa cedera dan kendala apapun. Tetapi Ginting merasa masih banyak yang harus ditingkatkan. Ini agar dia tidak banyak melakukan kesalahan dan berujung pada mati sendiri.

“Saya coba asal masuk dan sabar saja. Bobby sendiri banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Ginting dalam wawancara setelah pertandingan dengan Mola TV.

“Lawan di turnamen ini semuanya berat. Kami sama-sama latihan berat. Kami sudah tahu kelebihan dan kelemahan. Jadi tergantung bagaimana aplikasi di lapangan dan bagaimana mengatasi pressuse dan adu strategi. Ada total 16 tunggal di sini dan semua bagus-bagus. Yang penting jaga fokus dan berusaha bermain maksimal,” imbuh pemain 24 tahun itu.

F. PP PBSI untuk Batam Pos
Bobby Setiabudi dalam Mola TV PBSI Home Tournament, Rabu (8/7).

Ginting mengatakan bahwa memang ada perbedaan kondisi dibandingkan situasi normal. Biasanya, dalam satu bulan, dia ikut dalam dua atau tiga turnamen. Tetapi, karena pandemi Covid-19, dia harus libur hampir selama empat bulan.

“Ada rasa nervous dan harus inget kebiasaan sebelum pandemi. Bagaimana persiapannya, bagaimana untuk melakukan sugesti diri. Tetapi saya bersyukur PBSI mengadakan turnamen ini. Jadi, pressure dan suasananya dapat dan tidak hilang banget,” kata Ginting.

Selain Ginting dan Bobby, Grup E ini berisikan dua pemain muda Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu dan Tegar Sulistio. Dua pemain teratas akan lolos ke perempat final.

Dalam ajang ini, dua pemain senior lainnya yakni Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito juga ikut ambil bagian. (*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG