Sport

Meski Tampil Solid, Syabda Gagal Tundukkan Vito

Mola TV PBSI Home Tournament

F. PP PBSI untuk Batam Pos
Shesar Hiren Rhustavito berhasil meraih kemenangan di Grup G Mola TV PBSI Home Tournament, Rabu (8/7).

batampos.id – Pebulutangkis senior sepertinya belum menemukan halangan berarti. Setelah giliran Ginting dan Chico, kini giliran Shesar Hiren Rhustavito yang meraih kemenangan di Grup G Mola TV PBSI Home Tournament, Rabu (8/7).

Vito mengalahkan pemain muda berusia 18 tahun Syabda Perkasa Belawa dalam straight game dengan skor 21-14 dan 21-16. Hasil ini memang sudah bisa diprediksi sebelumnya.

Di atas kertas, kualitas Vito yang menempati ranking 18 dunia sangat jauh di atas Syabda yang berada di posisi 572 dunia. Walau begitu, pada awal game pertama, Syabda memberikan perlawanan yang solid.

Vito hanya unggul empat poin dalam posisi 12-8. Setelah itu, Vito melakukan kontrol penuh lewat smes-smes menyilang yang tajam. Resep Vito adalah mengincar di sisi kanan pertahanan Syabda. Dan itu berhasil. Sebab, Vito lantas melaju, unggul 20-13, dan menutup game pertama dengan posisi 21-14.

Pada awal game kedua, Syabda bermain agresif dan sempat unggul 3-1. Syabda memakai senjata berupa smes-smes menyilang ke sisi kiri pertahanan Vito. Vito berhasil bangkit, dan lalu menyalip dengan posisi 7-5, lalu 9-5. Melalui penempatan-penempatan bola yang sulit, Vito sukses mendikte permainan lawan.

Di sisi lain, Syabda terlalu banyak memaksakan diri dan bajir kesalahan sendiri. Ini membuat Vito unggul jauh 18-11, lalu mencapai match point dalam kondisi 20-14. Drop shot ke arah forehand Syabda, membuat Vito mengakhiri laga dalam posisi 21-16. Laga pun berakhir dalam waktu 38 menit.

“Pada set pertama, saya coba untuk melihat mainnya dia seperti apa. Kami sudah latihan bareng, jadi tahu bahwa dia main stroke. Dari awal, saya coba lariin dia. Serangan dan defense harus lebih cepat lagi. Nggak boleh kalah dalam stroke,” kata Vito dalam wawancara tepi lapangan dengan Mola TV.

Bagi Vito, laga pertama ini menjadi adaptasi. Sebab, empat bulan tanpa pertandingan membuat feeling bermainnya terasa berbeda.

“Latihan dan main kan beda. Jadi, bagaimana saya bisa bikin latihan seperti pertandingan. Jadi saat pertandingan betulan, saya bisa siap,” kata Vito.

“Peluang semua pemain di grup manapun sama. Bisa menang atau kalah. Tergantung kita siap atau enggak,” tambahnya.

Pada pertandingan lain di Grup F, pemain junior Alvi Wijaya Chairullah memberikan kejutan. Dia mengalahkan Firman Abdul Kholik dengan skor 21-12, 21-17.

Dengan hasil ini, Alvi memiliki poin yang sama dengan Chico Aura Dwi Wardoyo. Pada laga sebelumnya, Chico mengalahkan Yohanes Saut Marcelino dengan skor 21-11 dan 21-12. (*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG