Ekonomi & Bisnis

PT Jamkrindo dan PT Askrindo Jamin Kredit Modal Kerja UMKM

Airlangga Hartanto. F Raka

JAKARTA (BP) – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjamin kredit modal kerja dari PT Jamkrindo dan PT Askrindo. Kebijakan ini merupakan instruksi Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pelaku usaha UMKM yang terdampak Covid-19 akan diberi keleluasaan untuk melakukan restrukturisasi kredit.

“UMKM menjadi prioritas utama dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya secara virtual, Selasa (7/7).

Airlangga menjelaskan, pemerintah telah mengalokasikan dukungan berupa pembayaran imbal jasa penjaminan serta dukungan beban risiko lainnya yang dibutuhkan. Pemerintah juga telah mengalokasikan dana cadangan penjaminan dan anggaran imbal jasa penjaminan yang berasal dari APBN.

Namun dia berpesan agar bank pelat merah sebagai penyalur kredit UMKM tetap menerapkan prinsip kehati-hatian di tengah risiko tingginya gagal bayar. “Jamkrindo maupun Askrindo diharapkan secara aktif sudah bisa melaksanakan programnya sehingga modal kerja ini bisa dilakukan perbankan,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah menganggarkan dukungan fiskal untuk penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp 695,20 triliun. Anggaran ini terdiri dari pos penanganan kesehatan sebesar Rp 87,55 triliun dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 607,65 triliun. (*)

Reporter : JP GROUP

Editor : SUPRIZAL TANJUNG