Total Football

Transfer Lautaro Punya Potensi Lebihi Nilai Grizi

F. Twitter.com
Striker Inter Milan Lautaro Martinez menjadi bidikan Barcelona.

batampos.id – Andai tidak ada krisis karena pandemi Covid-19, Barcelona bisa saja lebih cerdas dalam operasi transfer bomber Inter Milan Lautaro Martinez, musim panas tahun lalu. Di saat itu, Griezmann diumumkan sebagai pemain Barca per 12 Juli 2019. Atau, saat angka klausul pelepasannya berubah dari EUR 200 juta (Rp 3,62 triliun) jadi EUR 120 juta (Rp 1,95 triliun).

Meskipun pada akhirnya transfer mahal Grizi tersebut berbuah denda untuk Barca setelah Atletico Madrid melapor ke Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) bahwa kesepakatan transfer tersebut sudah tercapai sebelum 1 Juli, yang merupakan batas akhir perubahan klausul pelepasan itu.

Sementara itu, kemarin WIB (7/7) adalah batas akhir masa berlakunya klausul pelepasan EUR 111 juta (Rp 1,8 triliun) Lautaro. ’’Barca telah melewatkan peluang membeli Lautaro EUR 111 juta, mulai besok (hari ini, red) minimal nilainya (klausul pelepasannya) bisa EUR 112 juta (Rp 1,82 triliun),’’ sebut jurnalis surat kabar Libero Fabrizio Biasin dalam tulisannya tadi malam WIB.

Sampai berita ini ditulis, belum disebutkan berapa besaran klausul pelepasan yang bakal dibubuhkan Inter dalam kontrak El Toro, julukan Lautaro. Hanya, laporan dari internal Appiano Gentile sudah banyak yang menyebut Inter tak akan membiarkan attaccante andalannya tersebut pergi ke Barca dengan harga murah.

Laman La Gazzetta dello Sport menyebut Inter bakal menaikkan angka klausul pelepasan Lautaro dengan perbaruan nilai kontraknya dalam waktu dekat. Angkanya pun digadang-gadang bisa melebihi EUR 120 juta. Apalagi Nerazzurri, julukan Inter, pun akan mengajukan penawaran kenaikan gaji kepada bomber sekompatriot dengan kapten Barca Lionel Messi tersebut.

Dalam kontrak barunya nanti, gaji per musim Lautaro akan dinaikkan dua kali lipatnya. Dari yang semula EUR 2,5 juta (Rp 40,7 miliar), berubah jadi EUR 5 juta (Rp 81,4 miliar). Sedangkan, durasi kontrak bomber berusia 22 tahun itu tak akan berubah, sampai musim panas 2023.

Pihak Inter melalui CEO Beppe Marotta pun sudah mengesankan akan mempertahankan pasangan Romelu Lukaku di lini depan tersebut. ’’Ada dua hal yang perlu dipertimbangan, yaitu yang kompetitif dan yang terkait dengan bursa transfer,’’ sebut Marotta kepada Sky Sport Italia. ’’Kami takkan melepas pemain-pemain muda kami (termasuk Lautaro),’’ sambung Marotta.

Bahkan, setelah tak bisa menciptakan gol dalam lima laga beruntun di Serie A dan Coppa Italia, Marotta meminta Lautaro lebih fokus dengan performanya ketimbang rumor-rumor bursa transfer terkait dirinya. ’’Dia harus menemukan ketenangan pikiran, sehingga dia bakal memberi garansi performa bagi Inter,’’ pintanya.

Tetapi, Barca sepertinya masih membuka peluang bisa menebus Lautaro di angka berapa saja. Dalam wawancaranya kepada stasiun radio RAC1, Presiden Barca Josep Bartomeu memang lebih memilih membahas saga transfer Lautaro setelah La Blaugrana, julukan Barca, menyudahi perjuangannya di La Liga musim ini.

’’Dia sama halnya dengan Neymar (masih terikat kontrak dengan klub lain). Tetapi untuk Neymar itu (transfer) tidak mungkin terjadi mengingat kondisi finansial klub-klub di Eropa saat ini,’’ sambung Bartomeu. Karena, Barca butuh EUR 222 juta (Rp 3,62 triliun) untuk menebus Neymar dari Paris Saint-Germain (PSG), sama persis seperti saat dia dibeli dari Camp Nou dua musim lalu.

Angka itu sudah lebih dari EUR 100 juta (Rp 1,63 triliun) lebih mahal ketimbang klausul pelepasan Grizi dulu. Atau bahkan potensi klausul yang dibubuhkan Inter dalam kontrak anyar Lautaro. Nah, apakah ini artinya Lautaro lebih realistis ketimbang Neymar? Semua ada di tangan Barca. (ren/*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG