Sport

Alonso Gantikan Ricciardo di Renault Musim 2021

F. Franck Fife/AFP
Pembalap Toyota Fernando Alonso saat mengikuti Relly Dakkar, Januari lalu. Tahun depan Alonso akan kembali ke F1 bersama Renault.

batampos.id – Pengasingan tiga musim Fernando Alonso berakhir sudah. Pulang ke rumah lamanya, F1, Alonso akan membalap bersama tim masa mudanya, Renault. Alonso akan menggantikan peran Daniel Ricciardo yang memutuskan berlabuh bersama McLaren tahun depan.

Kabar kembalinya Alonso sebenarnya sudah berembus kencang sejak Selasa malam (7/7). Namun, Renault secara resmi baru menyampaikan kepastian tersebut tadi malam.  Dalam laman resmi mereka, Direktur Pelaksana Renault Sport Racing Cyril Abiteboul mengatakan, perekrutan Alonso merupakan bagian dari rencana besar Renault Grup terkait komitmen mereka untuk F1. Sekaligus, upaya mereka untuk kembali ke jajaran tim papan atas.

Alonso juga bukan orang baru bagi tim Renault. Dan, musim depan akan menjadi kesempatan ketiga baginya membalap bersama Renault. Dua edisi sebelumnya berlangsung pada 2002-2006, dan 2008-2009. Dia pernah berjaya bersama Renault dan merengkuh juara dua musim beruntun pada musim 2005 dan 2006.

“Pengalaman dan tekad kuatnya bisa membuat kami kembali menjadi yang terbaik,” terang pria yang juga menjadi Team Principal Renault di F1 tersebut. Alonso bakal berkolaborasi dengan Esteban Ocon untuk menyiapkan Renault menuju musim 2022. Apalagi pada musim tersebut F1 dijadwalkan menerapkan regulasi baru.

Bagi Alonso, Renault sudah menjadi keluarganya. Dia sudah menorehkan sejarah panjang pada awal-awal karirnya bersama Renault. “Aku punya prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim. Renault menginginkan dan memiliki kemampuan untuk kembali  ke podium, seperti halnya aku,” urai Alonso.

Tidak hanya fans Alonso yang menantikan kembalinya sang bintang veteran. Mercedes yang mendominasi pentas F1 enam musim terakhir juga tak sabar menanti kiprah Alonso. Mereka mengunggah video pendek yang memperlihatkan cara mereka menyalakan tombol notifikasi di Twitter, beberapa jam sebelum pengumuman resmi.

Pada kesempatan ketiganya bersama Renault, Alonso bakal menghadapi tantangan superbesar. Terlebih, usianya kini tidak muda lagi. Pada 29 Juli mendatang dia akan berusia 39 tahun. Sedangkan lawan-lawannya saat ini adalah sederet pembalap muda seperti Lando Norris (McLaren), Charles Leclerc (Ferrari), Max Verstappen (Red Bull). Mereka bisa memberikan persaingan buat Alonso. Selain itu, masih ada pembalap senior yang berpotensi berada di grid tahun depan seperti Daniel Ricciardo, Valtteri Bottas ataupun Lewis Hamilton.

Alonso kali terakhir tampil di F1 pada 2018. Setelah itu, ia menjadi test driver McLaren, dan sempat menjajal balapan AS Indy 500 pada 2017 dan 2019. Awal tahun ini, dia sempat mencoba peruntungan tampil di reli Dakar dan hanya menempati posisi ke-13 di klasemen akhir. (nap/bas/*)

Reporter: JPGROUP
Editor: RYAN AGUNG