Hidup Sehat

Hati-hati Merokok

(pixabay)

batampos.id – Pekan lalu, Komisi Kesehatan Masyarakat Spanyol mengeluarkan sebuah dokumen berjudul “Sikap mengenai konsumsi tembakau dan zat-zat terkait selama pandemi Covid-19”, yang menyoroti risiko merokok dan vaping di tengah pandemi korona saat ini, seperti dikutip Antara dari Xinhua.

“Merokok tembakau selalu berisiko bagi kesehatan, karena paru-paru kita dirancang untuk menghirup udara segar,” ungkap Pilar Aparicio, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kualitas, dan Inovasi di Kementerian Kesehatan Spanyol dalam wawancara eksklusif dengan Xinhua pada Selasa (7/7/2020).

Dia mengatakan, ketika kita menghirup zat yang langsung menuju ke paru-paru kita, risikonya bukan hanya untuk paru-paru, karena zat ini juga masuk ke dalam darah dan merusak sistem kardiovaskular dan sistem lain di dalam tubuh.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perokok lebih berisiko mengalami komplikasi serius akibat Covid-19 dibandingkan nonperokok, tetapi Aparicio memperingatkan bahwa itu bukan satu-satunya ancaman yang ditimbulkan dari merokok dalam krisis saat ini.

“Selain kenyataan bahwa perokok berisiko mengalami kasus Covid-19 yang lebih serius, kita juga harus mempertimbangkan kalau merokok berarti Anda membuka masker, mengarahkan tangan ke mulut dan menyentuh mulut, dan ketika Anda mengembuskan napas Anda juga mengeluarkan partikel zat yang bisa saja mengandung virus dan membantu penularannya,” urainya.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa situasi ketika orang biasanya merokok, sering kali dalam situasi-situasi bersosialisasi dan di luar ruangan, merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

’’Saat merokok, Anda juga melonggarkan langkah-langkah jaga jarak sosial. Kami rasa penting untuk menghindari aktivitas merokok ketika kita sedang bersama orang lain dan ketika kita berada dalam situasi sosial,” paparnya. Dia menegaskan, tidak menyarankan Anda tidak merokok di area yang digunakan secara bersama-sama karena risiko yang menyertainya. (*)