Metropolis

Lapas Batam Gelar Latihan dan Simulasi Pengendalian Huru Hara

Petugas Lapas mengikuti pelatihan dan simulasi pengendalian huru hara, Kamis (9/7). f. eusebius sara/batam pos

SAGULUNG (BP) – Petugas Keamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam menggelar pelatihan dan simulasi pengendalian huru hara, Kamis (9/7). Pelatihan yang berlangsung di Lapangan Depan Lapas Kelas IIA Batam ini kerja sama dengan SatBrimob Polda Kepulauan Riau.

Dalam latihan ini, petugas keamanan Lapas Batam dilatih untuk menghadapi situasi darurat jika ada keributan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan di dalam lingkungan Lapas.

“Keributan bisa saja terjadi karena penghuni Lapas ini sudah terlampau banyak. Latihan ini untuk antisipasi itu. Kita kerja sama dengan Brimbo Polda Kepri,” ujar Kalapas Batam, Misbahuddin, Kamis (9/7).

Latihan ini bertujuan untuk menanggulangi keadaan jika terjadi huru hara serta meningkatkan Pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan petugas pengamanan jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas.

Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Mishbahuddin dan secara simbolis kegiatan dibuka dengan pemasangan atribut bagi peserta Pelatihan dan Simulasi Pengendalian Huru Hara kepada perwakilan peserta pelatihan.

“Dengan adanya pelatihan ini seluruh petugas pengamanan lapas Batam menjadi lebih Siap dalam menghadapi keadaan darurat khususnya huru hara”, ujar Mishbahuddin.

Mishbahuddin berpesan hendaknya kepada semua peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dari awal hingga akhir kegiatan, manfaatkan waktu yang singkat ini guna menambah kemampuan dan keterampilan dalam bekerja.

“Pelaksanaan kegiatan ini sangatlah penting bagi kita selaku petugas Lapas. Agar nantinya apabila terjadi kejadian atau peristiwa yang sebenarnya kita harus benar-benar sudah terlatih dengan baik”, lanjut Mishbahuddin.

Adapun kegiatan ini dipimpin Instruktur sebanyak enam orang dari Satuan Brimob Polda kepri dengan Danki Iptu J.Manullang bersama Anggota lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari yang diikuti 70 orang petugas pengamanan dan 10 petugas Staf Lapas klas IIA Batam. (*)

Reporter : Eusebius Sara
Editor: Andriani Susilawati