Zetizen

Peluang Bisnis di Media Sosial

Cerita Zetizen Batam Membangun Usaha

Ilustrasi: HADINATA SALIM

Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang sangat cepat seperti dua mata pisau. Bisa menguntungkan, bisa juga merugikan penggunanya (user). Semua tergantung user-nya. Begitu juga di dunia marketing. Tak bisa dimungkiri, saat ini, semua produsen memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya yang bisa menjangkau lebih luas. Dimanapun dan kapanpun. Misalnya di media sosial (medsos).

Jihat Nur Robbi, 22, salah satunya. Mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polibatam) jurusan Multi Media dan Jaringan. Menurut Jihat, panggilan akrabnya, media sosial menjadi ladang marketing di dunia online di era sekarang.

Baginya medsos adalah ladang marketing di dunia online. Bahkan media sosial bisa menjangkau konsumen yang targetnya beragam, mulai dari rentang usia, jenis kelamin, dan lainnya.

“Mem-branding produk lebih mudah dan promosi lebih tepat,” ujar mahasiswa semester 7 ini.

Pemilik akun JNRSTORE yang menawarkan jasa dan produk ini memilih Facebook dan Instagram untuk memasarkan usahanya.

Jihat punya cara jitu untuk memasarkan jasa dan produknya. Sebelum memublikasikan di Market Place, ia mempersiapkan kontennya terlebih dahulu agar menarik sasaran targetnya.

“Lalu memberikan event promo dan bonus untuk menarik perhatian customer. Dan juga harus rutin dalam posting agar meningkatkan kepercayaan customer terhadap produk atau jasa yang kita jual,” bebernya.

Zets Batam lainnya yang memanfaatkan medsos untuk aktivitas marketingnya adalah Dani Alamsyahri, Founder Batam Promotion/ @batampromotion. Alasan remaja 19 tahun ini medsos karena dari awal membangun Instagram, menurutnya, memiliki peluang bisnis yang sangat tinggi.

Menurutnya, medos sesuai dengan minatnya, dimana ia punya skill basic di multimedia seperti desain, foto dan video. “Cara aku bikin konten yang selaras dengan tren sekarang ikutin update-update terbaru mengenai apa pun yang ada di sekitar agar setiap pertanyaan yang masuk di direct message atau di kolom komentar bisa dijawab,” bebernya.

Batam Promotion adalah sebuah akun sosial media Instagram yang bergerak di bidang promosi dan digital branding.

Zet’s Batam selanjutya adalah Risma Cahya Putri, 22, owner dan founder @Casingyou.custom dan @karangbunganenek.
Casingyou.custom merupakan sebuah bisnis yang menyediakan percetakan berbagai jenis case ponsel sesuai keinginan publik. sedangkan Karang Bunga Nenek adalah jasa yang menyediakan papan bunga. Ia memanfaatkan medsos sebagai media pemasaran. Menurutnya, selain efektif, juga lebih gampang mengatur target pasar.

“Apalagi platform media sosial makin banyak dengan berbagai tipe konsumen, jadi kita lebih mudah memasarkannya berdasarkan target pasar kita,” katanya.

Risma sudah tiga tahun mengelola usahnya tersebut. Untuk menarik konsumen, dia menampilkan profil dan konten yang menarik serta memberikan promo dan giveaway untuk menarik perhatian publik. Baginya, konten harus konsisten dan rutin setiap hari mengunggah ke medsos.

“Yang terakhir adalah dengan adanya endorsement influencer dan teman dekat, bisa membantu share ke teman-teman yang lain agar pemasaran target juga lebih cepat dan mudah,” pungkasnya. (***)

Reporter: HADINATA SALIM
Editor: RATNA IRTATIK

ZETS OF THE DAY

Kesempatan Bisnis bagi Gen-Z

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Ratna Irtatik

ANAK muda zaman now sekarang mempunyai keinginan untuk membangun bisnis wirausaha, namun kendala utama yang sering dialami anak muda yaitu
membutuhkan modal yang tinggi. Dengan perkembangan zaman kita bisa mulai
membangun sebuah bisnis kecil tanpa perlu mengeluarkan modal tinggi dengan media
sosial. Kalau boleh tahu, dengan adanya media sosial peluang bisnis apa yang kamu ingin
jalankan, Zets?! (*)

F. DOK PRIBADI

Mutiara Azila
SMA Islam Nabilah
Instagram: @Ti_rara_

RENCANA ingin membangun bisnis jual mukenah bersama mama melalui media sosial. Karena menurut saya bisnis online sangat banyak manfaatnya
terutama untuk pelajar yang tidak bisa melakukan pekerjaan part time atau pekerjaan lainnya yang memakan banyak waktu. Terkadang banyak orang yang memiliki kendala dibiaya tapi jika mau berusaha pasti akan ada jalannya. Dimulai dari jualan yang sederhana dulu saja yang tak perlu banyak biaya nanti jika sudah ada biaya baru dikembangkan. (*)

 

 

F. DOK PRIBADI

Aufa Aaliya Hakim
SMAN 3 Batam
Instagram: @aufaaliya

Sekarang ini sudah menjalankan bisnis makanan dan minuman karena sekarang sedang lagi trend banget
dengan bisnis makanan dan minuman, ini aja lagi
mencoba membuat Korean Garlic Bread karena sedang viral. Pokoknya sekarang ini dengan keadaan sekarang masih pandemi dengan memamnfaatkan sosial media sebagai ladang bisnis, hal itu bisa menjadi tambahan sampingan bagi anak muda. (*)