Metropolis

Makin Marak, Kodim Turun Tangan Berantas Begal

Letkol Kav Sigit Dharma
Wiryawan. F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.id – Maraknya aksi begal di beberapa wilayah di Batam, seperti di sekitar Seitemiang dan Marina City, mendapatkan perhatian dari Dandim 0316 Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan. Dia mengatakan, pihaknya siap menerjunkan personelnya khusus berpat-roli dan menindak begal di kawasan tersebut. ”Iya, kami akan turun dan membantu Polres untuk memberantas begal ini,” kata Sigit, Senin (7/9/2020) sore.

Dia menambahkan, selain rutin berpatroli, ia menegaskan kepada personelnya untuk menindak tegas perkumpulan yang dicurigai begal di kawasan yang dianggap rawan begal tersebut.”Setiap malam Kodim akan rutin berpatroli. Kalau ditemukan akan ditindak langsung,” tegasnya.

Selain mengerahkan anggota khusus berpatroli, kata Sigit, ia juga meminta seluruh bintara pembina desa (babinsa) di setiap wilayah untuk melakukan pengawasan di wilayah masing-masing.

”Pengawasan ini juga dilakukan bersama Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” katanya.Ia berharap, dengan kegiatan khusus bersama Polresta Barelang ini, dapat membe-rantas aksi begal atau kejahatan jalanan yang kembali meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. ”Kita bersama-sama ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat Batam,” katanya.

Dandim juga menyampaikan, dalam waktu dekat ini akan ada dua agenda penting yang dilaksanakan Kodim 0316 Batam. Pertama, membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Selain itu, agenda lain yakni menyukseskan Pilkada.

“Kami berkomitmen dalam menjaga situasi kondusif Kota Batam. Untuk itu, kami minta bantuan kepada teman-teman pers agar tugas Kodim ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, mengatakan, untuk mengantisipasi begal, pihaknya mengerahkan tim pemburu. Tim ini terdiri dari personel Satlantas, Satreskrim, serta Satintel. Pihaknya mengerahkan puluhan personel dari beberapa satuan dibantu Polsek.(*)

Reporterter:Yofi Yuhendri, Eggy Idriansyah
Editor:Dede Hadi