Sport

Covid-19 Ancam F1 dan MotoGP

Pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami. (F. Andreas Solaro/AFP)

batampos.id – Gelombang Covid-19 masih mengancam gelaran dua event motorsport dunia, F1 dan MotoGP. Bahkan, menjelang GP Rusia hari ini (27/9), terkonfirmasi ada tujuh kasus positif setelah tes selama tujuh hari terakhir. F1 belum mengumumkan detail siapa tujuh personel yang terkonfirmasi Covid-19.

Namun, satu di antara tujuh personel tersebut adalah penyiar F1 Will Buxton. Lewat unggahan di Twitter-nya, dia memastikan tidak melakukan perjalanan ke Sochi, Rusia, setelah dinyatakan positif Covid-19.

”Fokus saat ini adalah memastikan semua keluargaku baik-baik saja dan membuat diriku lebih baik. Semoga bisa segera kembali,” cuit Buxton.

Tujuh personel yang positif merupakan jumlah kasus tertinggi sepanjang musim ini. Perlu diketahui, F1 sudah menggelar 44 ribu tes sepanjang sembilan seri yang sudah berlangsung.

F1 pun bakal menjalankan protokol superketat untuk mencegah persebaran virus corona selama GP Rusia. Apalagi, promotor balapan di Sochi itu sudah menjual 30 ribu tiket untuk para fans ke Sochi.

Ironisnya, Rusia merupakan salah satu negara dengan kasus positif Covid-19 terbesar keempat seluruh dunia. Ada 7.212 kasus baru yang tercatat pada Jumat (25/9). Jumlah tersebut membuat total kasus kini mencapai 1.136.048.

Ancaman virus corona juga mulai merembet ke ajang MotoGP. Terbaru, pihak LCR Honda mengonfirmasi bahwa salah satu kru mereka positif Covid-19 menjelang GP Barcelona hari ini.

”HRC telah mengirim teknisi baru dan hasil tes mereka dinyatakan negatif. Sehingga Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami akan mendapatkan dukungan seperti biasanya,” tulis pernyataan resmi LCR Honda sebagaimana dilansir Motorsport.

Crutchlow mengatakan, masalah tersebut tentu bakal menyulitkan timnya. ”Tetapi, itu tidak akan menghentikan kami untuk bekerja lebih keras,” ucap rider asal Inggris tersebut.

Ini bukanlah kasus pertama Covid-19 di ajang MotoGP. Sebelumnya pembalap Moto2 Jorge Martin harus absen pada balapan ganda di Misano. Namun, dia bakal tampil di GP Barcelona hari ini. Martin sudah mengaspal pada latihan bebas pertama dan kedua Jumat lalu (25/9). (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung