Ekonomi & Bisnis

Hasilkan Entrepreneur Muda

Astra Honda Motor Best Student

Seleksi tingkat regional peserta AHMBS 2020 tahun ini, dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dengan cara daring atau virtual. F. Honda Kepri untuk Batam Pos

batampos.id – PT Capella Dinamik Nusantara, selaku main dealer Honda wilayah Kepulauan Riau (Capella Honda Kepri) menyelesaikan tahapan seleksi peserta Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2020. Kali ini seleksi tingkat regional dilaksakan berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan cara daring atau virtual, pada Rabu (30/9).

”Kegiatan ke-18 ini merupakan upaya Astra Honda Motor (AHM) dan seluruh jaringannya untuk menghadirkan bibit pengusaha muda (entrepreneur) kreatif yang telah merintis dunia usaha di usia sekolah. Tahun ini kegiatannya mengusung tema Satu Hati Untuk Indonesia Maju,” ucap Regional Head PT Capella Dinamik Nusantara Harry Sutiono, Jumat (2/10).

Gen Milenial ini nantinya bisa berperan penting melalui bisnis-bisnisnya yang sudah dimulai sejak di usia sekolah. Pelajar yang mengikuti kopetisi ini akan diuji dengan memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha.

Kriteria yang akan dijadikan barometernya penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide, dampak bisnis bagi mayarakat, biaya dan keuntungan serta pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualandan tidak lupa kerja sama tim.

”Selain itu, para peserta dinilai kemampuan analisis pasar,persaingan dan pengelolaan hubungan pelanggan,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap peserta yang mewakili ke tingkat Regional Sumatera nanti tidak hanya membawa dan mengharumkan nama sekolah dan Capella Honda saja, namun juga membawa nama Kepri.

Hal senada juga disampaikan Tony Anggadha, selaku Honda Customer Care Sub Dept Head PT Capella Dinamik Nusantara. Dia menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Honda di dunia pendidikan.

”Honda tidak hanya menjual motor tetapi ikut berperan aktif untuk memajukan dunia pendidikan,” ujar Tony.

Pengujian AHMBS 2020 dimulai dengan seleksi karya tulis siswa-siswi berdasarkan tema yang dipilih. Peserta dengan karya tulis yang kreatif dan inovatif berkesempatan melakukan seleksi ketahap persentasi yang dilakukan secara daring.

“Kategori perlombaan di bagi menjadi lima kategori yaitu pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi dengan beragamnya kategori ini diharapkan dapat memberikan ruang lebih untuk para peserta berkreasi,” katanya.

Untuk wilayah Kepri sendiri sebanyak 254 sekolah yang diundang dan 22 sekolah yang mendaftar dalam karya tulis ini. Setiap sekolah mengirimkan sebanyak dua siswa dan siswinya untuk berpatisipasi dan menuangkan ide kreatif mereka. Panitia mendapatkan enam siswa yang lolos ketahap persentasi. Dari enam pelajar ini kita dapatkan tiga pemenang, dimana I Gusti Ayu Indira Lakshmi Anom dari SMA Yos, Jevika Rihanda dari SMA N 1 Tanjungpinang dan Haniyatus Solikhah SMAN 4 Batam keluar menjadi juara 1 AHMBS 2020.

”Kali ini sangat berbeda, karena tahun ini Kepri akan mengirim 2 siswi yang akan bertanding di tingkat Regional Sumatera,” tutupnya. (*)

Reporter: Azis Maulana
Editor: Suprizal Tanjung