Bintan-Pinang

Bawaslu Tanjungpinang Sosialisasi Pengawasan Pilkada Bersama Pekerja Media

Sosialisasi pengawasan Pilkada kepada media, Jumat (16/10/2020). (F.Peri Irawan / batampos.id)

batampos.id– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2020 bersama pekerja media di Tanjungpinang. Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan sosialisasi sengaja dilakukan dalam upaya membangun kolaborasi kerja sama semua pihak dalam mensukseskan Pilkada serentak yang demokrasi dan berkualitas.

“Kesuksesan Pilkada tidak hanya di tangan Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara tapi butuh peranan media dan masyarakat untuk ikut mengawasi,” kata Zaini, Jumat (16/10/2020). Media berperan memberi edukasi yang positif kepada masyarakat untuk mengawasi dan menciptakan suasana yang kondusif untuk mencapai kesuksesan Pilkada.

Kata Zaini kesuksesan Pilkada ditentukan lima faktor yang terdiri penyelenggara oleh KPU yang berintegritas dalam menyelenggarakan pemilihan dan Bawaslu sebagai pengawas, kemudian peserta Pilkada harus mengikuti aturan, peranan pemilih yang cerdas. “Karena masyarakat sejatinya tidak lagi menjadi objek dalam pesta demokrasi melainkan subjek atau agen perubahan,” ungkapnya.

Faktor selanjutnya adalah suasana, damai, aman dan kondusif saat Pilkada merupakan hal yang sangat penting saat suasana itu terwujud pilkada yang demoktratis akan tercapai.  “Terakhir ketika informasi yang tersebar di tengah masyarakat adalah informasi yang edukatif,” ungkapnya.

Tidak hanya itu masyarakat juga diminta bijaksana dalam menggunakan sosial media, tidak menyebar berita bohong. “Termasuk kepada media bisa memberikan informasi yang segar,  positif dan berimbang sehingga tercapai Pilkada yang berkualitas,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan

Editor: Tunggul